Reporter : Abd Hadi

SAMPANG, kompasjatim.com – Menjelang pelaksanaan pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) 2019 yang akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 17 April 2019, sering kita temui kabar-kabar bohong atau yang dikenal dengan sebutan HOAX.

Lebih-lebih yang masih hangat jadi perbincangan beberapa akhir ini, sebagaimana beredar 7 truk kontainer surat suara yang konon telah dicoblos, menanggapi hal itu Moh. Salim salah satu pengusaha muda Kabupaten Sampang, mengimbau agar masyarakat tak mudah terprovokasi oleh informasi tanpa memiliki sumber yang jelas, Jumat (04/01/2019).

“Sebagai mana beredar berita bohong soal 7 truk kontainer berisi surat suara telah dicoblos, kami harap masyarakat tak mudah percaya atas kabar seperti itu. Sebab dengan seperti akan muncul persepsi-persepsi buruk pada pihak-pihak tertentu,” katanya pada kompasjatim.com.

Salim, sapaan akrab Moh. Salim selaku salah satu peserta kontestan dalam Pileg 2019 yakni Calon DPRD Jawa Timur Dapil Madura ini menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap kabar-kabar yang tidak jelas.

“Mari kita jadi pemilih cerdas, pemilih yang tidak mudah percaya terhadap isu-isu yang tidak jelas serta pemilih yang tidak mudah pula meneruskan berita-berita yang tidak jelas asal usulnya (Hoax),” ujar Caleg muda ini.

Untuk menepis kabar Hoax tentang surat suara Pilpres yang sudah tercoblos, KPU membuat selebaran dan disebar luaskan kepada seluruh lapisan masyarakat melalui media sosial. “Terakhir saya berpesan kepada masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial, jangan mudah meneruskan informasi-informasi yang tidak jelas sumbernya karena akan berurusan dengan penegak hukum, Jadilah Pemilih Cerdas untuk Pemilu 2019,” pungkasnya.