Reporter : Admin Terbitan

CILACAP, terbitan.com – Dalam rangka memberikan pembekalan anggota yang melaksanakan pengamanan TPS, Polres Cilecap menggelar apel dalam rangka bimbingan teknis pengamanan TPS Operasi Mantap Brata Candi 2018 dalam rangka pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 diwilayah Kabupaten Cilacap yang dilaksanakan di Mapolres Cilacap Senin (8/4/2019).

Kegiatan apel ini diikuti oleh 800 personil Polres Cilacap dan Polsek jajaran yang terlibat dalam pengamanan di TPS.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto melalui Waka Polres Kompol Hari Sutanto dalam arahnya mengatkan bahwa seluruh personil yang melakukan pengamanan di TPS harus mengetahui tugas dan tanggung jawabnya serta mengenali wilayah dan petugas yang ada di TPS.

Lebih lanjut Waka Polres mengatakan bahwa tugas para personil yang melaksanakan pengamana di tps adalah memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemilih untuk hadir ke tps memberikan suaranya dengan benar dan juga kepada petugas penyelenggara di tps dalam rangka proses pemungutan suara.

“Segera kenali lingkungan dan kordinasikan dengan seluruh petugas TPS,” tegas Waka Polres.

Dalam bimbingan teknis ini hadir pula Handi Tri Ujiono selaku ketua KPUD Cilacap, Weweng Maretno- anggota KPUD Cilacap serta Bachtiar hastiarso ketua Bawaslu Cilacap. Dalam kehiatan tersebut dilakukan simulasi kegiatan pemungutan suara yang diperagakan oleh PPK dan PPS, linmas Cilacap Utara.

Handi Tri Ujiono ketua KPU Kabupaten Cilacap memamaparkan tentang kewajiban anggota pengamanan yang harus dilakukan di lokasi TPS, menurut nya bahwa petugas Polri tidak diperkenankan masuk kedalam lokasi pemungutan suara kecuali ada permintaan dari petgas TPS jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Untuk hasil pemungutan suara, anggota Polri berkewajiban mengawal kotak suara untuk dikumpulkan di desa atau kelurahan yang kemudian di rekap ditingkat kecamatan.

Dalam Apel tersbut juga dilakuan pengecekan perlengkapan perorangan antara lain tongkat Polri, jas hujan, senter dan buku saku

E-KORAN