Tujuh Kades di Kresek Diminta Membuat Laporan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan

oleh -Views : 255

TANGERANG, terbitan.com – Tujuh dari 9 desa di Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang akan berakhir jabatan Kepala Desa (Kades)-nya, 22 Juli mendatang. Terkait hal itu, Camat Kresek H. CR Inton sudah mulai menurunkan tim kecamatan untuk melakukan monitoring kinerja Kades. Tim ini terdiri dari Sekcam, Kasi Pemerintahan, Kasi Kemasyarakatan dan staf.

Menurut Inton, sebelum akhir masa jabatannya dan Camat menunjuk Pj. Kades, tujuh kades di desa itu wajib membuat Laporan Akhir Masa Jabatan (LAMJ). Ke-7 kades itu ada Kades Patrasana, Talok, Pasir Ampo, Koper, Renged, Jengkol, dan Kemuning.

“Jadi sebelum roda pemerintahan desa diserahkan kepala Pj, maka seluruh kades harus sudah menyerahkan hasil kinerjanya selama menjabat. Itu juga bagian yang diserahterterimakan juga,” ujar Inton. Selain itu, Laporan Pertanggungjawaban Kades itu juga bagian dari persyaratan admistrasi Kades yang ingin mencalonkan lagi.

Isi dari laporan akhir masa jabatan itu diantaranya rangkuman program yang sudah dilaksanakan dari awal menjabat sampai tahun kelima ditambah satu tahun terakhir menjabat.

“Sengaja kita turunkan tim lebih awal ke desa-desa itu sambil mengingatkan para kades agar segera membuat laporan akhit jabatan sebelum ditunjuk Pj Kades 22 Juli mendatang,” ungkap Inton.

Dari pantauan terbitan.com, langkah yang dilakukan pihak Kecamatan Kresek ini adalah yang pertama dari kecamatan lain yang tahun ini desa-desanya akan mengadakan pemilihan kepala desa (Pilkades). Seperti diketahui, Pilkades serentak Kabupaten Tangerang diikuti 153 Desa. Ke-153 desa itu tersebar di 28 kecamatan.
 

Penulis: Ananta Putra