Reporter : GN. Samoale

MOROTAI, terbitan.com – Bupati Pulau Morotai Meresmikan Operasional Kantor Stasiun KIPM Ternate Wilayah Kerja Morotai Kabupaten Pulau Morotai Maluku Utara. Kamis (25/7/2019)

Kegiatan berlangsung tepatnya di Kantor Stasiun KIPM Ternate Wilayah Kerja Morotai, Kampung Muhajirin Baru Kec.Morotai Selatan (25/7) dan di ikuti oleh Forkompimda Kab.Pulau Morotai, Kabag Survelen dan Monitoring Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan BKIPM Pusat Aris Sasono, Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Ternate Abd Kadir, Kepala Kantor Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Ternate di Kab.Pulau Morotai Yoel Marung beserta jajarannya, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Maneger SKPT Pulau Morotai, Pimpinan PT.Harta Samudra Morotai, Para Ketua dan Pengurua Koperasi Perikanan se Kabupaten Pulau Morotai serta Tokoh Masyarakat.

“Bupati Pulau Morotai Benny Laos saat tiba di lokasi Kantor Stasiun KIPM Ternate Wilayah Kerja Morotai (25/7) disambut riah dengan Tarian Cakalele”

Mengawali rangkaian acara, menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya sekaligus Mars BIKPM, selanjutnya Pembacaan Doa dan Penyerahan Sertifikat kepada Koperasi Nelayan Tuna Pasifik dan Koperasi Nelayan Taruna Selatan oleh Kabag Survelen dan Monitoring Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan BKIPM Pusat Aris Sasono.

Selanjutnya, Kepala Kantor Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Ternate di Kab.Pulau Morotai Yoel Marung dalam sambutannya bahwa, Patut sampaikan rasa terima kasih, dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Bupati Morotai Benny Laos dan Pemda Pulau Morotai atas dukungan dan kerja samanya.

Morotai mempunyai Storis dengan Komoditi Perikanan dan itu sangat spesial, jika kita melihat, Morotai ini akan menjadi Pintu Gerbang Pasifik karena di Maluku ini Morotai yang paling banyak memiliki Landasan Udara.
Misi kami yaitu Pengembangan Perikanan di Wilayah Maluku Utara khususnya Morotai, perlu kita ketahui Komoditi Perikanan Morotai ini gaunnya bukan hanya pada tingkat Nasional melainkan Internasional, karena Morotai sudah membuktikan hanya dengan waktu 6 bulan Morotai mampu mengekspor Ikan di luar Negeri. ungkapnya

Lanjut dia, Tujuan kami juga salah yakni meningkatkan rasa kenegaraan kita, bahwa indonesia itu bukan hanya di jawa saja tetapi Maluku Utara juga mampuh mengembangkan potensi hasil kelautaan, untul itu kami berharap, kerja sama bersama Pemda Morotai, agar kita selalu menjaga Komoditi Perikanan di Morotai, supaya dapat di komsumsi masyarakat secara aman dan sejahterah.

Sementara itu, Bupati Pulau Morotai Benny Laos dalam sambutanya bahwa, kegiatan hari ini kita selenggarakan bersama adalah bagian dari emplementasi visi misi Bapak Presiden Ir. Joko Widodo yang tertuang pada RPJMN dan di implemenetasikan melalui peraturan KKP termasuk SKPT di Pulau Morotai ini, maka lahirlah Kantor Karantina Ikan sebagai pengendali Mutu Hasil Perikanan.

Tujuan SKPT adalah untuk Kedaulatan Rakyat yaitu kesejatraan rakyat termasuk penyerapan tenaga kerja, komitmen Pemerintah hadirkan bangunan ini (Kantor Stasiun KIPM Ternate Wilayah Kerja Morotai) adalah untuk menjadi bagian dalam implementasi perwujudan kedaulatan pangan, kesejateraan masyarakat, dan devisa. Ini juga terdaftar dalam RPJMD Morotai dalam visi misi kami yang di rangkaikan dengan RPJMD Provinsi Maluku Utara. ungkapnya

“Selain itu, Morotai sudah masuk wilayah konservasi laut oleh karena itu, Balai Karantina ikan adalah sebagai keamanan darat, untuk menujuh suatu kemajuan makanya perlu di butuhkan kerja sama dari instansi terkait untuk membentuk suatu kekuatan demi kebaikan Morotai kedepan tidak hanya sebatas sebagai acara serimoni saja melainkan kerja nyata”

Pencegahan dan penindakan, adalah hal yang paling penting yang harus kita untuk menjaga Komuditi Perikanan kita sebab, kesejahteraan rakyat itu bukan hanya pada pendapatan melainkan juga kesehatan. tutup Benny

Selanjutnya dilakukan Pengguntingan Pita pada Pintu Kantor Stasiun KIPM Ternate Wilayah Kerja Morotai, Pengguntingan Pita tersebut pertanda bahwa Operasional Kantor tersebut Resmi di Buka. (Oje)

E-KORAN