Desa Kubang Sukamulya Sedang Digagas Jadi Wisata dan Budaya

oleh -Views : 359
Caption: Kades Kubang Sukamulya Tangerang Sukarna saat sedang meninjau lahan untuk wisata alam di desanya. (Foto : Mahruroji/Terbitan.com)

TANGERANG, terbitan.com – Sebuah terobosan kreatif dilakukan oleh Sukarna, Kepala Desa ( Kades) Kubang Kecamatan Sukamulya Tangerang. Saat ini, dirinya sedang mengagas untuk menjadikan Kubang sebagai Desa wisata alam dan wisata budaya.

Hal tersebut diungkapkan kepada terbitan.com saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (16/7). “Kami sedang siapkan lahan untuk pengembangan wisata desa. Wisata ini nantinya tidak hanya bisa dinikmati oleh warga setempat saja, tapi juga warga luar daerah,” ujarnya.

Bersama terbitan.com, kemarin Kades Nana–sapaan akrabnya juga meninjau lahan seluas sekitar 1.500 m2 yang akan dijadikan tempat wisata. “Untuk konsep wisata, sedang kita gagas. Yang pasti, selain menghadirkan wisata murah bagi warga, hal ini juga bisa jadi salah satu sumber pendapatan asli desa,” ungkapnya.

Selain wisata alam, Kades Nana juga tengah menjadikan potensi budaya di wilayahnya sebagai wisata budaya. “Kami punya event tahunan ruwatan bumi. Ini adalah tradisi turun-temurun dari nenek moyang yang tetap kita lestarikan hingga kini,” katanya.

Tradisi ini, katanya, merupakan manifestasi rasa syukur kepada Allah Swt atas segala yang telah diperoleh dari hasil bumi.

Selain itu, dua kuliner khas Kubang yakni nasi kuning dan kebuli juga akan jadi makanan khas yang kembali digalakkan. “Dulu, orang dari luar daerah kalau mau makan nasi kuning ke Kubang, karena nasi kuning kita punya cita rasa khas. Nah, ini potensi wisata kuliner dan budaya yang akan kembali kami bangkitkan,” katanya.

Selain itu, sejumlah kesenian tradisional seperti topeng, lenong, bela diri tradisional dan beberapa yang lainnya akan dimaksimalkan.

Penulis: Ananta Putra