Hindari Kebocoran, Pemkab Sampang Luncurkan E-RPas

oleh -Views : 218
Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat memberikan kartu E-RPas pada pedagang di Pasar Rongtengah Sampang. Foto : Adie / Terbitan.com

SAMPANG, terbitan.com – Bertujuan untuk memberantas terjadinya kebocoran retribusi maupun pungutan liar (pungli), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang dipimpin Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menggelar peluncuran Elektronik Retribusi Pasar (E-RPas) di Pasar Rongtengah, Kecamatan Kota Sampang, Selasa (16/07/2019).

E-RPas merupakan rencana Bupati Sampang untuk meningkatkan pelayanan dan mempermudah atau mengajak pedagang agar lebih maju. Dalam kegiatan yang bekerja sama dengan Bank Jatim itu hadir Bupati Sampang, Wakil Bupati Sampang, Kapolres Sampang, Dandim O828 Sampang, serta perwakilan Kejari Sampang.

Bupati Sampang, H. Slamet Slamet Junaidi dalam sambutannya menyampaikan pasar di Kabupaten Sampang sangat banyak, menurutnya perlu peningkatan dalam pelayanan serta menjamin kenyamanan masyarakat maupun para pedagang.

“Tujuan kita adalah mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) agar meningkat, mungkin dengan ini salah satunya, program ini kami bekerja sama dengan Bank Jatim, sehingga para pedagang bisa membayar kewajibannya dengan cara non tunai,” ujar Bupati Sampang.

Mantan DPR RI itu meminta pihak Dinas juga giat dalam menjalankan tanggung jawab. Menurutnya hak dan kewajiban pedagang harus seimbang agar sama-sama menguntungkan. “Kita jangan hanya pandai menarik retribusi kita juga harus penuhi kewajiban kita, dengan memberikan fasilitas yang layak, saya tidak mau ada kejadian seperti sampah menumpuk, pedagang juga harus memiliki tempat yang layak dan itu tanggung jawab kita,” tegasnya.

Lebih jauh, Aba Idi sapaan akrab H. Slamet Junaidi menambahkan, pihaknya juga akan menerapkan penarikan retribusi elektronik di pasar yang lain. “Sementara yang resmi kita terapkan E-RPas adalah pasar Rongtengah ini, ke depan pasar-pasar yang lain akan kami upayakan,” tegasnya.

Ia berharap program yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sampang dapat berjalan dengan baik. “Sementara kita masih menggunakan kartu, ke depan rencana kita akan menggunakan barkode, jadi pedagang bisa dengan mudah menempelkan barkode melalui android,” tutupnya.

Reporter : Ahmadin
Editor : Adie