Kebutuhan Ikan Lele Warga Tangerang 60 Ton Sehari

oleh -Views : 179

TANGERANG, terbitan.com – Asosiasi Lele Tangerang (Aleta) menyebut, kebutuhan ikan warga Kabupaten Tangeranh sebanyak 60 ton per hari. Hal ini disampaikan Ketua Aleta Anhari dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembenihan, Pembesaran, dan Tarposis, Rabu (17/7).

Kegiatan diadakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang bekerjasama dengan Aleta di Desa Cijeruk Rt 11/04 Kecamatan Mekar Baru Tangerang.

Menurut Anhari, untuk saat ini,  kebutuhan pasar makin meningkat 60 ton perhari lele konsumsi dan untuk pembenihan 100 ribu benih per hari.  “Namun pasokan dari petani lele  Tangerang belum bisa memenuhi kebutuhan tersebut,” katanya.

Untuk memenuhinya, warga masih mengandalkan pasokan ikan lele dari beberapa wilayah di antaranya Bogor, Indramayu, dan Lampung.

Dalam kegiatan Bimtek, hadir Kabid Budidaya Dinas Perikanan Dewi Retno dan Kasi Teknologi Produksi dan Usaha Budidaya Sugi Surya Galih. Turut hadir sejumlah staf Kecamatan Mekar Baru.

Dewi Retno berharap, melalui bimtek ini, para petani ikan lele ini dapat meningkatkan kwalitas produksi. Selama ini, katanya, Aleta berperan sebagai fasilisator kegiatan pelatihan perikanan budidaya di kabupaten Tangerang.

Karena itu, diharapkan Aleta menjadi wadah untuk aspirasi petani budidaya ikan lele dan media informasi untuk memudahkan pemasaran dan peningkatan sumber daya manusia.

Penulis: Mahruroji
Editor: Ananta Putra