Mahasiswa UTM Laksanakan KKN di Blega Bangkalan

oleh -Views : 88

BANGKALAN, terbitan.com – Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Alas Rajah Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan. Kamis, (18/07/2019).

Tidak luput dari permasalahan yang ada di Desa Alas Rajah, salah satunya ialah maraknya pernikahan dini. Menikah pada usia dini berpotensi menghadapi kenyataan hidup yang lebih kompleks diwaktu yang tidak ideal.

Mahasiswa UTM yang sedang melaksanakan KKN mengadakan penyuluhan tentang bahayanya pernikahan dini di Aula SMP Nurul Arifin dengan tujuan agar tidak terjadi lagi pernikahan dini di Desa Alas Rajah juga Desa lainnya.

Moh. Hermanto selaku Koordinator Desa KKN 02, dengan adanya penyuluhan ini kami berharap tidak ada lagi pernikahan dini di Desa Alas Rajah melainkan lebih fokus ke pendidikan agar putra putri bapak dan ibu lebih berguna untuk keluarga dan masyarakat setempat. “Ujarnya”

Dalam acara tersebut juga di hadiri oleh Kepala Desa Alas Rajah H. Mathaki. Dalam sambutannya juga menyampaikan agar tidak terjadi lagi pernikahan dini. Kepala Desa juga menghimbau bahwa masyarakatnya harus mengutamakan pendidikannya agar putra putri bapak ibu bisa bermanfaat untuk Desanya sendiri.

Selain Kepala Desa acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala sekolah, guru dan juga wali murid. Abdullah selaku Kepala Sekolah SMP Nurul Arifin dengan adanya sosialisasi harapannya terus berkelanjutan agar masyarakat terutama bapak ibu sadar akan bahayanya pernikahan dini dan pentingnya pendidikan.

Penyuluhan langsung diberikan oleh Dhurrotun Nisya, Amd., Keb. Dalam paparannya menekankan perlunya dilakukan edukasi tentang dampak pernikahan dini dan upaya pencegahannya. “Sangat penting memberikan edukasi pada para remaja baik dari aspek hukum maupun hal-hal lain terkait pernikahan terlebih bagi mereka yang berpotensi menikah di usia dini karena berpotensi menghadapi kenyataan hidup yang lebih kompleks di waktu yang tidak ideal” Ungkap Dhurrotun”.

Sumiati salah satu warga yang hadir sangat senang sekali dengan adanya penyuluhan ini karena kami mengetahui dan sadar akan bahayanya pernikahan dini untuk anak anak kita dan sangat pentingnya pendidikan buat masa depan.