Reporter : GN. Samoale

SANANA, terbitan.com – Untuk Menciptakan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat merupakan salah satu tugas pokok kepolisian. Dalam hal ini Sat Sabhara Polres Kepulauan Sula melaksanakan kegiatan patroli dialogis bersepeda, Kamis (25/07) Pukul 09.00 WIT.

Patroli yang dilaksanakan Sat Sabhara kali ini tampak berbeda dari biasanya, pelaksanaan patroli Sat Sabhara Polres Kepulauan Sula menggunakan sepeda, untuk sasaran rute patroli bersepeda kali ini yaitu pusat pertokoan di wilayah hukum Polres Kepsul.

Dalam kesempatan tersebut petugas patroli juga memberikan pesan-pesan Kamtibmas secara humanis kepada masyarakat dan juga menghimbau masyarakat terkait dengan keamanan di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

Selain itu, kegiatan patroli dialogis bersepeda tersebut dilaksanakan sebagai tali silaturahmi kepada warga untuk lebih dekat dengan anggota Polri dan kehadiran Polri selalu ada di tengah warga dan menyampaikan himbauan kamtibmas serta untuk mengajak masyarakat berkomunikasi dan mendengar keluhan, informasi dan masukan terkait pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat.

Tujuan patroli sepeda di antaranya adalah untuk mencegah dan mendeteksi potensi gangguan kamtibmas serta memberikan rasa aman bagi masyarakat, hemat energi, dan pasti menyehatkan karena berpatroli sambil berolahraga. Patroli Sepeda dilaksanakan sekaligus untuk mempererat kemitraan antara polisi dengan masyarakat.

KBO Sabhara Polres Kepulauan Sula, Iptu Mony saat dikonfirmasi menjelaskan, selain patroli juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Dengan kehadiran polisi maka orang yang akan berbuat kriminal pun berpikir dua kali sehingga masyarakat menjadi nyaman, “tuturnya.

Dia menambahkan, selain itu, “Patroli bersepeda ini juga menjadi ajang sarana berolahraga bagi para anggota dan menunjukkan kepada masyarakat bahwa dengan bersepeda bisa menyehatkan jasmani.” ujar Mony. {GNS}

E-KORAN