Pemkab MATIM Terima Rombongan Mahasiswa KKN dari Undana

oleh -Views : 67

MANGGARAI TIMUR, terbitan.com – Sebanyak 180 orang mahasiswa Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Poco Ranaka, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kuliah kerja Nyata (KKN) itu tersebar di sembilan wilayah desa yakni, Desa Compang Wesang, Desa Golo Lobos,  Desa Golo Nderu, Desa Lento, Desa Bangka Kuleng, Desa Poco Lia, Desa Bea Waek, Desa Nggalak Leleng, dan Desa Satar Tesem.

Rombongan mahasiswa KKN  Undana Kupang itu tiba di kantor Bupati Matim sekitar pukul, 11.30 Wita. Para mahasiswa KKN diterima secara resmi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur melalui asisten tiga Drs. Jahang Fansi Aldus di ruang rapat Bupati Matim. Selasa, (9/07/2019).

Drs. Jahang Fansi Aldus di depan rombongan mahasiswa KKN Undana mengatakan, dirinya sangat bangga dan menyambut baik kedatangan mahasiswa KKN Undana di Kabupaten Manggarai Timur.

Kata, Jahang Kulia Kerja Nyata dari mahasiswa KKN Undana saat ini adalah kali pertama di Kabupaten Manggarai Timur ini merupakan kesempatan yang baik dan sangat luar biasa dimana para mahasiswa bisa berkolaborasi dengan masyarakat, ungkapanya

Jahang menjelaskan saat ini desa lagi membangun dengan cukup besar gelontoran dana dari pusat melalui dana desa. Untuk itu jelasnya, kehadiran teman-teman di wilayah Kabupaten Manggarai Timur  bisa membantu para kepala desa dan aparat desa dalam kaitannya dengan kesuksesan semua program yang ada di desa.

“Saya yakin sekali bahwa para kepala desa dan seluruh masyarakat di desa sangat senang dengan kehadiran teman-teman sekalian. Kami dari pemerintah Kabupaten Manggarai Timur tetap memantau. Dukungan ini kami langsung ke camat dan kepala desa agar teman-teman bisa diterima dengan baik supaya teman-teman betah di tempat kegiatan”, ungkap Jahang

Kata dia, dengan kehadiran teman-teman di sembilan desa yang ada di wilayah Kecamatan Poco Ranaka akan membawa perubahan yang baik.  “Tolong teman-teman arahkan masyarakat dengan baik melalui ilmu yang teman-teman dapat di bangku kuliah”.

Jahang berharap, teman-teman mahasiswa KKN untuk tetap menjaga kesehatan dengan baik. Ciptakan situasi yang baik dan sesuaikan dengan keadaan masyarakat agar kegiatan yang teman-teman lakukan di desa  selama satu bulan lebih kedepan bisa membawakan hasil yang baik supaya masyarakat desa bisa senang dan puas dengan kehadiran kalain, harapnya

Sementara itu diksempatan yang sama Dosen pendamping lapangan Alfridus Daring mengungkapkan, kami memilih daerah Kabupaten Manggarai Timur khususnya di wilayah Kecamatan Poco Ranaka yang tersebar di sembilan desa sebetulnya atas dasar inisiatif dari mahasiswa Manggarai Timur yang mungkin mereka berfikir Manggarai Timur juga perlu di datangi oleh mahasiswa KKN supaya bisa berbagi ilmu dengan masyarakat sekaligus mereka juga bisa menimbah ilmu dari masyarakat.

Program KKN sendiri, kata dia, sebetulnya bagian dari pendidikan mahasiswa supaya mereka bisa belajar dengan masyarakat langsung. Jumlah mahasiswa yang saat ini ber KKN di Kabupaten Manggarai Timur sebanyak 180 mahasiswa dan mereka datang dari berbagai disiplin ilmu.

Alfridus menjelaskan, hampir semua disiplin ilmu yang ada di Universitas Nusa Cena (Undana) Kupang ada keterwakilan mahasiswanya yang mengikuti kegiatan KKN ini. Nanti setiap mahasiswa dari bidang ilmu masing-masing mereka membagi pengetahuan yang mereka sudah pelajari di bidang mereka masing-masing kepada masyarakat yang berada di lokasi KKN.

“Kami memilih wilayah Kabupaten Manggarai Timur untuk melakukan KKN supaya ada kontribusi dari mahasiswa untuk masyarakat. Dan, Kabupaten Manggarai Timur dipilih menjadi salah satu lokasi KKN kali ini”, ungkapnya

Kata Alfridus, melalui kegiatan KKN seperti ini bisa menjalin kerja sama antara Undana dengan Kabupaten Manggarai Timur khususnya pemerintah desa. Para mahasiswa juga bisa membantu masyarakat di pedesaan supaya mengembangkan desanya masing-masing seauai bidang ilmu yang ditekuni oleh mahasiswa.

“Sekarang ada revolusi mental yang menjadi program pemerintah untuk itu mahasiswa juga perlu ikut campur untuk membangun masyarakat di desa salah satunya adalah melalui progran KKN seperti ini”, ungkapnya

Terpisah, Kordinator KKN Undana Kupang Robertus Rahman menjelaskan, kegiatan KKN yang kami lakukan di Kabupaten Manggarai Timur datang dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda-beda diantaranya Fakultas Fisip, Fakultas Hukum, Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), Fakultas FKIP, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), dan Fakultas Kedokteran Hewan.

Dijelaskannya, melalui kegiatan seperti ini, kami berkomitemen untuk melaksanakan kuliah kerja nyata secara serius di sembilan desa yang akan kami kunjungi selama satu bulan lebih kedepan.

Dikatakannya, kegiatan KKN yang kami lakukan saat ini bukan hanya mengikuti apa yang memang menjadi kewajiban mahasiswa untuk melaksanakan KKN. Tetapi di sisi lain kami sebagai mahasiswa ingin betul-betul hadir di tengah masyarakat untuk dapat membantu masyarakat agar  ekonomi masyarakat bisa membangun  dengab baik serta dimensi kehidupan lain yang ada di tengah masyarakat.

Untuk itu, kata Rahma pihak Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, pemerintah Kecamatan, dan pemerintah desa untuk bisa berkolaborasi bersama-sama kami demi mewujudkan apa yang memang menjadi orientasi pembentukan desa agar dapat membangun desa dengan baik dan sukses, Ungkapnya.

Penulis: Rifand Apur