Peroleh 14 Kursi di DPRD Bondowoso,PKB Menangkan Pileg Tahun 2019

oleh -Views : 126

BONDOWOSO, Terbitan.com – Dikatakan Ketua KPU Kabupaten Bondowoso Junaidi SH, bahwa untuk Pemilihan DPRD Kabupaten Bondowoso berjalan dengan baik dan lancar. Serta tidak ada gugatan.

“Sehingga kita bisa melaksanakan sesuai dengan surat dari KPU RI (Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia),” katanya, Senin (22/7/2019)

Sementara masalah dokumentasi kata dia, KPU Bondowoso akan memberikan ke pemerintah kabupaten setempat, dan nantinya akan diteruskan ke rumah perintah gubernur.

“Dari Pemkab itu ada masa kadaluarsanya tidak boleh lebih 15 hari atau 10 hari. Begitu juga dengan pemerintah gubernur itu tidak boleh sampai 15 hari,” jelasnya.

Sehingga pada 23 Agustus mendatang semua persoalan administrasi sudah selesai.

“Mau tidak mau tanggal 23 Agustus telah dilaksanakan pelantikan untuk DPRD Kabupaten Bondowoso,” pungkasnya.

Setelah dibacakan Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Bondowoso pafa Pemilu 2019. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Bondowoso, menangkan pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019.

Pasalnya, PKB berhasil merebut 14 kursi dari kuota 45 kursi. Yang disaksikan oleh semua partai politik yang ikut kontestasi, serta menandatangani berita acara penetapan tersebut di aula Hotel Palm.

Hasil perolehan diantaranya Dapil Bondowoso I PKB berhasil meraih satu kursi. Dapil Bondowoso II PKB yang lahir dari NU ini memperoleh 4 kursi. Sementara di Dapil Bondowoso III, IV dan V PKB masing-masing memperoleh 3 kursi.

Sehingga peringkat pertama dari hasil perolehan PKB 14 kursi. Untuk peringkat kedua adalah Partai Dekmorasi Indonesia Perjungan (PDPI), dengan perolehan 7 kursi.

Sedangkan posisi ketiga dan keempat ditempatai Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Golongan Karya (Golkar) dengan perolehan kursi sama yakni 6 kursi.

Total suara dari jumlah 14 kursi tersebut PKB berhasil meraih 137.972 suara. Untuk PDI-Perjuangan berhasil mengantongi suara sebanyak 79.401

Sementara sebagai peringkat ketiga PPP memperoleh 61.019 suara. Sedangkan Partai Golongan Karya berhasil mengumpulkan 51.564 suara dari lima Dapil yang ada.