Prasasti Era Kerajaan Hindu Ditemukan Didesa Metesih Madiun

oleh -Views : 7.309
Foto : Tim Relawan Pelestari Budaya Dan HVM Ketika Menunjukkan Salah Satu Batu Prasasti Didusun Gendu, Kecamatan Jiwan

MADIUN, Terbitan.com – Sebuah prasasti diduga peninggalan kerajaan Hindu Siwa ditemukan di Dusun Gendu Rt 13 Rw 02 ,Desa Metesih, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, JawaTimur.

Prasasti mirip sebuah tugu dari batuan andesit dengan panjang 1,7 m dan lebar 50 Cm ini ditemukan di pekarangan rumah warga setempat. Sebelumnya warga tak menduga jika batu tersebut merupakan sebuah prasasti.

Ajar Putro seorang sejarawan setempat mengatakan atas temuan ini, mulanya tim pelestari budaya Desa Metesih dan HVN (Historia Van Madiun) melakukan tindakan pengecekan terhadap benda atau batu yang biasa disebut warga dengan sebutan batu gilang dibeberapa lokasi di Desa Metesih. Namun setelah dilakukan pengecekan ternyata yang ditemukan merupakan sebuah prasasti yang kemungkinan merupakan peninggalan era kerajaan Medang atau juga kerajaan Majapahit.

“Mulanya kami dari pelestari budaya Desa Metesih dan HVM ( Histori Van Madiun) melakukan pengecekan terhadap penemuan yang selama ini warga sebut dengan batu gilang. Namun ternyata setelah kami cek ternyata batu itu merupakan sebuah prasasti yang kemungkinan peninggalan era medang atau juga Majapahit,” kata Ajar Putro ketika ditemui di lokasi penemuan prasasti pada hari Jum’at 19 Juli 2019.

Tak hanya itu saja dilokasi berbeda juga ditemukan peninggalan lain yang ditemukan di Dusun Koci, Kecamatan Jiwan dengan jarak kurang lebih 800 meter dari lokasi penemuan prasasti pertama. Di lokasi Dusun Koci yang ditemukan merupakan Yoni dan Lumpang.

Atas temuan ini tim sudah melaporkanya kepada OPD terkait yang ditembuskan kepada Bupati Madiun Ahmad Dawami.

“Kalo nanti ini bisa dibaca oleh Badan Cagar Budaya JawaTimur yang ada di Trowulan, nanti kita pasti akan mengetahui bersama apa dibalik prasasti ini dan kemarin setelah kami cek dilapangan, tim dan relawan sudah melakukan penyuratan kepada OPD terkait yang langsung ditembuskan ke Bupati,” tambah Ajar.

Diduga diwilayah Desa Metesih masih banyak peninggalan peninggalan sejarah seperti yang telah ditemukan. Diharapkan pihak terkait turun tangan melakukan penelitian atas temuan ini.

Penulis : Imam Iswanto
Editor : Adie