Ribuan Prajurit Yonif Raider 514 Kostrad Bondowoso Serbu Makodim 0822

oleh -Views : 63

BONDOWOSO, terbitan.com – Ribuan prajurit Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad) Yonif 514 Bondowoso mendatangi Markas Komando Militer (Makodim) 0822 Bondowoso, Sabtu (13/7/2019).

Prajurit Kostrad tersebut melakukan Fast Roping helikopter atau menuruni dua tali tebal yang bersenjatakan lengkap.

Kendatinya, untuk mengerahkan pasukan dari helikopter di Makodim, di mana helikopter itu sendiri tidak dapat mendarat. Guna menaklukkan invasi yang dilakukan oleh musuh.

Sementara itu, Komandan Latihan Pembentukan Raider, Letkol Infantri Adreas, ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa pasukan tersebut dalam rangka latihan untuk mempunyai kemampuan dalam pertempuran jarak dekat di daerah perkotaan untuk melemahkan kekuatan musuh.

Artinya, pertempuran jarak dekat di daerah gedung, menghancurkan instalasi musuh. Selain itu, tugas lain seperti membebaskan tawanan.

Ia juga menjelaskan, Fast Roping helikopter adalah latihan serangan bergerak secara cepat, senyap, dan tepat masuk ke dalam kawasan musuh untuk menghancurkannya,

“Kita simulasikan tadi melakukan misi pendadakan ke Makodim untuk menaklukkan musuh dan berhasil membawa salah satu tokoh dari musuh,” ungkapnya.

Lanjut Andreas, fast roping ini, selain dilakukan digedung. Para pasukan juga diberikan kemampuan patroli dan survive seperti melakukan ekspedisi laut.

“Latihan seperti ini juga kita lakukan diwilayah laut, dan akan kita laksanakan di Pantai Grajagan dengan kemampuan ekspedisi laut,” pungkasnya.

Pantauan dilapangan, pelatihan Kwalifikasi Raider 2019, di titik simulasi pelatihan di Makodim 0882 Bondowoso berjumlah 700 anggota ditambah tenaga pelatih sebangak 300 personil.

Latihan Fast Roping Anggota Komando Cadangan Strategis TNI AD Yonif 514 Bondowoso ini juga disaksikan Dandim 0822 Bondowoso Letkol.Inf Tarmuji SAg.