Bak Kesebelasan Sepak Bola, Balon Kades di Desa ini Berjumlah 11 Orang dan Masih Bersaudara

oleh -Views : 655

TANGERANG, terbitan.com – Luar biasa! Peminat kursi Kepala Desa (Kades) di Desa Karang Anyar Kecamatan Kemiri Kabupaten Tangerang membeludak. Tercatat, ada 11 Bakal Calon (Balon Kades).

Ke 11 Balon Kades itu adalah Yanto (Petahana), Samadani, M. Razim, M. Saepudin, Jaenudin dan  Abdul Kohar. Lalu Suhendri, Sidik, Edo Heryadi, H. Teddi Herdiana dan M. Yusup.

Maraknya Balon Kades di desa ini mengundang perhatian sendiri sejumlah pihak, termasuk warga setempat. “Wah, balon kades bisa bikin kesebelasan sepak bola tuh. Pas, jadi pemain inti semua tanpa cadangan,” celetuk seorang warga.

Menariknya lagi, menurut penuturan Asep, warga lain, ke-11 Balon Kades itu satu sama lain masih ada hubungan keluarga. “Iya, mereka itu satu sama lain masih saudara,” katanya. Ke-11 Balon Kades ini pada Kamis (22/8/2019) bersama-sama telah mengikuti Medical Check Up (MCU) di RSUD Pakuhaji.

Mengacu ketentuan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang, calon tetap kades dibatasi lima orang.

Bagaimana jika pendaftar lebih dari 5 orang? Akan ditetapkan dengan sistem  skoring. Yakni, pemberian angka atau nilai terhadap masing-masing calon kepala desa. Nilai terendah, otomatis gagal maju dalam pencalonan Pilkades.

Selain di Karang Anyar, desa lain di Kecamatan Kemiri yang punya Balon Kades lebih dari ‘setengah lusin’ adalah Desa Lontar. Di sini ada 7 balon yakni Dahlan (petahana), Dudi, Dodi, Budi, Minang, H. Khaerudin dan Rusli. Sedangkan di Desa Patra Manggala Kemiri, ada 4 Balon Kades yakni Rohman, Jayadi, Amin dan Marsim.

Salah satu tokoh masyarakat Kemiri Isroil Rasmuni meminta agar masing-masing Balon Kades terus menjaga kekompakan satu sama lain. “Meski bersaing, kekompakan dan kebersamaan harus tetap dijaga agar suasana wilayah Kemiri tetap kondusif sesuai harapan maayarakat,” ujarnya.

Penulis : Ananta Putra