Reporter : Moh. Darma

BONDOWOSO, Terbitan.com – Sebanyak 50 inovasi desa dari lima kecamatan di kawasan timur Bondowoso dipamerkan dalam acara Bursa Inovasi Desa (BID) Kluster IV, di Kantor MWC NU, Kecamatan Cermee, Kamis (22/8/2019).

Lima kecamatan dimaksud diantaranya yakni Kecamatan Cerme, Prajekan, Botolinggo, Klabang, dan Tapen.

Sambutan Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin menilai semua desa di Bondowoso memiliki potensi yang bisa dikembangkan. Yang tentu ujungnya untuk kesejahteraan masyarakat di desa tersebut.

“Saya yakin semua desa memiliki potensi yang patut diangkat untuk dikembangkan,” katanya dalam Bursa Inovasi Desa (BID) Kluster IV, di Kantor MWC NU Kecamatan Cerme

Karena itulah dengan adanya Bursa Inovasi Desa ini, kata Bupati Salwa, diharapkan muncul ide-ide dari Pemerintah Desa yang kemudian bisa direplikasikan dalam mengembangkan potensi yang ada di desanya.

“Melalui bursa ini saya harapkan memunculkan ide-ide yang kreatif, ide-ide yang baru. Sehingga mampu mengembangkan potensi-potensi yang ada di desanya,” jelasnya.

Dilanjutkannya, agar antar desa yang hadir dalam BID ini juga bisa saling tukar menukar pengetahuan, dan saling belajar mengembangkan inovasi yang dipamerkan dalam bursa yang telah memasuki tahun ke tiga ini.

“Jangan malu untuk meniru, menerapkan apa yang sudah maju diterapkan di tempat yang lain,” pungkasnya.

Untuk informasi, lima kecamatan di kawasan timur Bondowosoyang dinahkodai oleh Tim Pendamping Inovasi Desa (TPID) memamerkan 50 inovasi desa.

Adapun, puluhan inovasi desa tersebut terbagi dalam tiga bidang. Diantaranya bidang infrastruktur ada 14 inovasi, bidang kewirausahaan ada 20 inovasi, dan bidang sumber daya manusia ada 16 inovasi.

Semua inovasi tersebut tak ditunjuk begitu saja. Tapi melewati verifikasi oleh TPID di masing-masing kecamatan. Tujuannya melalui BID ini, Pemerintah desa bisa datang, komit, tiru, dan maju.

E-KORAN