Reporter : GN. Samoale

TERNATE, terbitan.com – Selaku menjadi inspektur upacara, Kapolda Maluku Utara (Malut), Brigjen Pol. Suroto dengan resmi menutup Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kabupaten Halmahera Selatan (HalSel) di Desa Saketa Kecamatan Gane Barat, pada Kamis (8/8).

Kapolda membacakan sambutan Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayor Jenderal TNI Dr. Marga Taufiq, S.H., M.H., TMMD adalah wujud kegiatan TNI bersama masyarakat untuk ikut mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat di desa.

Kegiatan TMMD dilaksanakan selama 30 hari dimulai dari 10 Juli hingga 8 Agustus 2019, tetapi kegiatan tersebut dinilai sukses, karena seluruh sasaran dapat diselesaikan 100 persen.

Kapolda menyatakan, sangat berterima kasih serta mengapresiasi Bupati Halmahera Selatan dan jajarannya, serta kepada seluruh masyarakat yang telah bahu membahu bersama personil Satgas TMMD menyelesaikan pembangunan sasaran fisik dan non fisik TMMD Tahun 2019 diwilayah Kodam XVI/Pattimura.

Selain itu, untuk hasil pembangunan fisik progam TMMD sendiri meliputi, pembangunan Jalan Setapak sepanjang 1.092 Meter, Drainase sepanjang 117 Meter, MCK 7 Unit, pembuatan Talud, Jembatan, Rehap Mesjid dan gereja, serta pembuatan lorong koridor, kemudian untuk pembangunan non fisik antara lain penyuluhan bela negara, Kantibmas, kehutanan, pertanian, pendidikan, dan sosial.

“Hal itu menjadi refleksi kekuatan yang besar dari segenap komponen masyarakat, yang memiliki visi dan misi bersama guna mengatasi persoalan masyarakat dan pembangunan di daerah,” ujarnya.

Sementara itu, acara penutupan di tandai dengan penandatanganan naskah penyerahan proyek dari Dandim 1509/Labuha kepada Bupati HalSel, kemudian dilanjutkan dengan acara penyerahan secara simbolis mesin penetas telur dan alat – alat olahraga dari Dandrem 152/Babullah kepada Camat Gane Barat, dan penyeraha sembako gratis kepada kepala desa sasaran TMMD dari Bupati HalSel.

Penutupan TMMD tersebut diakhiri dengan persembahan tarian Cakalele dari masyarakat Desa Cango Kecamatan Gane Barat dan diikuti oleh Kapolda Malut, Danrem152/Babullah, Bupati, Wakil Bupati, dan Sekretaris Daerah Halsel.

Turut hadir Dandrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, S.Ip, MM, Bupati Halmahera Selatan H. Bahrain Kasuba,S.Pd,.M.Pd, Wakil Bupati Iswan Hasjim,ST.,MT, Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe,SE., MM, , Kepala Kementerian Agama Labuha H. Hasyim H. Hamzah, Dandim se-Maluku Utara, Pimpinan Bank, dan para kepala desa yang berada di sasaran TMMD. {Raj/GNS}