Reporter : GN. Samoale

TERNATE, terbitan.com – Pada Juli 2019, Kota Ternate mengalami deflasi sebesar 0,12 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 140,81.

Hal ini disampaikan oleh kantor Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku Utara (BPS) malut. Yang di lakukan di kota Ternate. Kamis (1/8/2019).

Kepala BPS Provinsi Maluku Utara Misfahruddin saat menyampaikan rilis menjelaskan bahwa inflasi tahun kalender Kota Ternate sebesar 1,81 persen dan inflasi year on year Kota Ternate sebesar 2,71 persen, “Jika diurutkan Kota Ternate berada di urutan ke 18 dari kota yang mengalami deflasi,” ujarnya.

Tambah Misfahruddin, Pada Juli 2019, Kota Ternate mengalami inflasi pada tiga kelompok pengeluaran, deflasi pada dua kelompok pengeluaran dan satu kelompok stagnan.

“Kelompok yang mengalami inflasi adalah kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,03 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,16 persen,” jelasnya.

Dan menurutnya selain itu, “Kelompok sandang sebesar 0,08 persen dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,03 persen. Kelompok yang mengalami deflasi adalah kelompok bahan makanan sebesar 0,78 persen dan kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,14 persen, Kelompok kesehatan mengalami stagnan”, tutup Misfahruddin {Raj/GNS}

E-KORAN