Pelantikan Anggota DPRD kabupaten Tangerang Diwarnai Aksi Demo Mahasiswa

oleh -Views : 98

TANGERANG, terbitan.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kabupaten Tangerang mengadakan aksi demo di depan gedung DPRD setempat, Jumat (23/8/2019). Demo berlangsung saat para anggota Dewan sedang diambil sumpah dan janjinya sebagai wakil rakyat.

Perlu diketahui, Aliansi Mahasiswa Kabupaten Tangerang terdiri dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Ikatan Mahasiswa Kabupaten Tangerang dan Perkumpulan Perkumpulan Gerakan kebangsaan (PGK).

Dalam aksinya, para mahasiswa ini membawa catatan buruk kinerja DPRD periode sebelumnya. Korlap aksi Tommy Reyvaldi membeberkan, sejumlah catatan kinerja DPRD Kabupaten Tangerang periode sebelumnya yang dinilai buruk yakni; tidak selesainya 7 Raperda, kerap membolos ‘berjamaah’, lemahnya pengawasan karena penegakkan Perda tid berjalan dan tiga fungsi DPRD tidak berjalan baik.

“Tentu ini tugas kami, mengawal wakil rakyat terpilih dari detik pertama mengucapkan sumpah sampai akhir jabatan 2024 nanti,” tegas Tommy. Para mahasiswa ini tidak mau kecolongan lagi atas kinerja buruk DPRD pada masa sebelumnya.

“Untuk itu, kami minta tolong agar bersihkan terlebih dahulu niatnya jadi anggota dewan itu untuk apa, jangan-jangan hanya untuk menambah harta kekayaan. Jangan main-main, rakyat bukan mainan,” tegasnya.

Dia juga berharap, seluruh anggota dewan periode 2019-2024 punya kemampuan untuk mengeluarkan gagasan-gagasannya, terlebih perjuangannya saat Paripurna. Artinya, ada proses tukar pikiran mengenai kepentingan masyarakat Kabupaten Tangerang, bukan hanya kepentingan partai.

“Tidak hanya berebut kunjungan kerja alias jalan-jalan. Ingat, kami tidak hanya memilih kalian, tapi kami juga akan memilih melawan. Kami tidak hanya sekadar menolak lupa, tapi juga tidak akan pernah lupa untuk menolak. Terima kasih,” tutup Tommy Reyvaldi.

Seperti diketahui, sebanyak 50 anggota DPRD Kabupateb Tangerang dilantik Jumat, (23/8/2019). Mereka akan melaksanakan tugas selama lima tahun, periode 2019-2024. Dari 16 partai politik peserta Pemilu 2019, hanya 10 partai yang mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Tangerang.

Ke-10 partai politik itu terdiri dari PDIP (8 kursi), Gerindra (7), Golkar (6), Demokrat (6), PKS (6), PPP (6), PAN (4), PKB (4), NasDem (2), dan Hanura (1).

Penulis: Ananta Putra