Polres Barito Utara Amankan Lima Pelaku Pembakar Lahan

oleh -Views : 42

MUARA TEWEH, terbitan.com – Jajaran Polres Barito Utara (Barut) mengamankan lima orang yang diduga melakukan pembakaran lahan. Mereka adalah Ri (19) yang beralamat di  Bin SURIADI, umur 19 tahun alamat Kelurahan Lanjas Barut, Ju (21) warga  Prop.Kalimantan Tengah Kelurahan Lahei Barat Barut dan Ba, warga Teweh Tengah. Dua tersangka lainnya adalah An (26) dan Ah, keduanya juga warga Teweh Tengah.

Kapolres Barito Utara AKBP Dostan Matheus Siregar melalui Kasat Reskrim AKP Kristanto Situmeang kepada wartawan mengatakan, pihaknya mengamankan kelima pelaku pada hari Kamis (22/8/2019) sekitar pukul 15.30 Wib.

“Pada saat anggota melaksanakan patroli di jalan Ahmad Yani Kelurahan Melayu Teweh Tengah melihat ada asap tebal dari kantor Bappeda. Lalu anggota mendatangi TKP (tempat kejadian perkara) yang ternyata adalah lahan kosong yg sudah ditebang dan dibakar oleh pelaku,” ujar Kasat.

Selanjutnya pihaknya melakukan pemadaman api dibantu oleh tim BPBD Kabupaten Barut dan warga sekitar sehingga api bisa dipadamkan. Sementara luas lahan yang terbakar ukuran 50X50 meter.

Selanjutnya para tersangka dibawa ke Mapolres Barito Utara guna penyidikan lebih lanjut. Barang bukti yang diamankan adalah 3 buah mancis (korek gas) dan sepotong kayu arang bekas terbakar panjang setengah meter. “Kepada para tersangka kami kenakan pasal 187 ayat 1e KUHP,” katanya kepada wartawan.

Penulis : Iwan Ayu
Editor : Ananta Putra