Ini Jabatan AKD Bondowoso Periode 2019-2024

oleh -Views : 757

BONDOWOSO, Terbitan.com – Proses pemilihan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bondowoso selesai. Setelah usai pembentukan, anggota yang terpilih sekaligus dilakukan pengesahan, di ruang Paripurna, Senin (7/10/2019) malam

Rapat paripurna mulai pukul 20.00 Wib sampai selesai guna menetapkan anggota dan pimpinan AKD, yang terdiri dari ketua, wakil ketua, dan sekretaris. Rapat pemilihan ketua AKD dilakukan melalui voting dengan difasilitasi oleh pimpinan DPRD.

Sebelum dilaksanakan paripurna, telah dilaksanakan rapat pemilihan pimpinan AKD diantaranya Badan Kehormatan (BK) dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda).

Usai penentuan ketua AKD, langsung dilakukan paripurna penetapan. Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD, H. Ahmad Dhafir didampingi Wakil Ketua DPRD Sinung Sudrajad, Supriyadi dan Buchori Mun’im.

Upaya kubu koalisi tiga partai besar di Bondowoso, yakni PKB, PDIP dan Golkar terdiri dari 28 anggota telah membuahkan hasil dengan memimpin disejumlah komisi. Pemilihan tersebut yang dilakukan secara voting telah membungkam partai pendukung pemerintah, yakni PPP, PKS dan Gerindera.

Terbentuknya tiga partai koalisi PKB,PDIP dan Golkar ini, nampaknya akan menjadi menarik di perpolitikan dalam mengawal kebijakan Pemkab Bondowoso. Tentunya sektor pengawasan dan fungsi kontrol Legislatif terhadap eksekutif.

Hasil rapat pembentukan AKD pemilihan antara lain:
Komisi I :
Ketua : H.Tohari (F-PKB)
Wakil Ketua : Sofi Indriasari (F-PDIP)
Sekretaris Usari (F-Golkar)

Komisi II :
Ketua  : Andi Hermanto (F-PDIP)
Wakil Ketua : Ali Mansur (F-PKB)
Sekretaris : Basriyanti (F-Golkar)

Komisi III :
Ketua : Sutriyono (F-PKB)
Wakil Ketua : Kukuh Rahardjo (F-Golkar)
Sekretaris : Bambang Suwito (F-PDIP)

Komisi IV
Ketua : Ady Krisna (F-Golkar)
Wakil Ketua : Sudarsono (F-PKB)
Sekretaris : Edy Sidiyanto (F-PDIP)

Sementara posisi Bapemperda :
Ketua : Zaki Imron (F-PKB)
Wakil Ketua : Yondrik (F-Golkar)
Sedangkan posisi Badan Kehormatan (BK), Ketua Bambang Mudjiono
Wakil Ketua : Malik Attamimi