AKP Jamal : Polres Bondowoso Lakukan Penangkapan Pelaku Pembunuhan

oleh -Views : 452

BONDOWOSO, Terbitan.com – Jajaran Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Bondowoso di pimpin Kasat Reskrim AKP Jamal, SH telah melakukan penangkapan pelaku pembunuhan. Hal itu dilakukan layaknya seperti dalam adegan di film.

Karena sempat terdengar suara letusan senjata api dan adegan baku hantam yang sengit. Lantaran ada perlawanan dari pelaku kepada petugas yang melakukan penangkapan di Halaman Mapolda Jatim.

Kendatinya, ini bukan kejadian sesungguhnya, tetapi merupakan kegiatan simulasi yang dilakukan dalam rangka lomba demo standar kemampuan. Fungsi reskrim yang diselenggarakan oleh Ditreskrimum Polda Jatim dan diikuti semua jajaran Reskrim di tiap Polres se Polda Jatim.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat membuka lomba mengatakan, beberapa hal yang dilombakan dalam kegiatan itu adalah olah TKP dan Upaya Paksa dengan peserta dari Direktorat Reskrim dan Sat Reskrim Jajaran.

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan SDM unggul demi Indonesia yang maju, khususnya anggota Sat Reskrim dalam hal masalah olah TKP, penangkapan pelaku kejahatan dan pengungkapan kasus menonjol,” tuturnya. Selasa (05/11/2019)

Sat Reskrim Polres Bondowoso dengan personil yang sudah terlatih dari Unit Identifikasi, Unit Penyidik, Unit Resmob dibantu SPKT, Sat Sabhara dan Ur Dokkes didepan juri menampilkan simulasi, dalam upaya mengungkap kasus pembunuhan disertai pemerkosaan dan pencurian.

Penangkapan itu dilakukan dengan metode dan memedomani standart operational prosedur setiap tindakan kepolisian yang sudah ada. Bahkan,dalam simulasi tersebut terlihat juga ditonjolkan terobosan unggulan dari Kapolres Bondowoso tentang penggunaan aplikasi “Tape Manis” oleh masyarakat saat menghubungi petugas Command Center Polres Bondowoso secara cepat ketika mengetahui ada tindak kejahatan yang ditemukan oleh masyarakat.

Kapolres Bondowoso AKBP Febriansyah, SIK mengungkapkan, dalam lomba ini memang kita tampilkan ketrampilan dan kemampuan anggota Sat Reskrim Polres Bondowoso yang sudah teruji dalam olah TKP dan penanganan pengungkapan kasus menonjol.

Tentunya dipadukan dengan terobosan kita yaitu aplikasi ” Tape Manis” yang sudah di download sekitar 10.000 warga kabupaten Bondowoso, yang salah satu fiturnya ada panic button. Guna kecepatan menghubungi petugas apabila terjadi tindak kejahatan dimanapun berada, dan ini sudah berjalan dan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan petugas.

“Perpaduan antara kemampuan ketrampilan personil Sat Reskrim dan penggunaan aplikasi berbasis IT inilah yang kita tampilkan dalam lomba demo standart kemampuan fungsi reskrim,” pungkasnya.