Angin Puting Beliung Melanda Bondowoso, Tiang Listrik dan Pohon Tumbang

oleh -Views : 526

BONDOWOSO, Terbitan.com – Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang sejumlah titik yang tersebar di lima kecamatan di Kabupaten Bondowoso, Senin (25/11/2019).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukuh Triatmoko, mengatakan kelima kecamatan yaitu, Kecamatan Bondowoso, Grujugan, Tenggarang, Curahdami, dan Sumber Wringin.

Akibat dari angin puting beliung banyak pohon yang tumbang, tiang listrik roboh, serta sejumlah rumah tertimpa pohon.

“Di depan Ijen View ada, di depan Kantor KPU ada, di desa Koncer, Desa Kajar, Desa Lojajar, Desa Grujugan Lor, Kemudian Desa Petung-Curahdami, di Jalan Diponegoro, Jalan Besuki. Tapi ini tim di lapangan terus mengupdate informasi di lapangan,” Katanya.

Selain itu, sejauh ini pihaknya masih belum bisa memastikan jumlah total rumah yang mengalami kerusakan. Pasalnya, seluruh tim masih bergerak mendata di lapangan.

“Ini saya masih menunggu informasi dari lapangan, dari desa, dan kecamatan,” jelasnya.

Namun demikian, pihaknya memastikan bahwa rumah-rumah yang rusak akibat bencana alam ini akan mendapatkan stimulan. Nilainya, sekitar 10 persen dari kerugian yang dialami.

“Ada stimulan dari kami. Tak banyak, sekitar 10 persen dari kerugiannya,”ujarnya.

Kukuh mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaanya pada masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan yang sering disertai angin puting beliung ini.

“Saya ingatkan, bilamana ada pohon yang sudah tua, atau rimbun hendaknya dipangkas demi keselamatan bersama,” ungkapnya

Hingga berita diturunkan, BPBD mencatat tak ada korban jiwa, dan belum bisa memastikan total kerugian akibat bencana alam ini.

Informasi dihimpun, sedikitnya ada sekitar enam tiang listrik roboh, dan satu PJU bengkok di sepanjang jalan sisi utara Desa Lojajar Kecamatan Tenggarang