DPD GMPK Sampang Dikukuhkan, Ini Pesan H. Ali Mukaddas

oleh -Views : 169

SAMPANG, terbitan.com – Bertempat di aula Balai Pertemuan Umum (BPU) Sampang dilaksanakan pengukuhan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) kabupaten sampang yang langsung dipimpin oleh Ketua Umum GMPK sekaligus Ketua Nasional Satgas Dana Desa Irjen Pol (Purn) Dr. Bibit Samat Rianto, MM.

Dalam sambutan pengukuhan, Dr Bibit Samat Rianto, MM, dengan segudang pengalaman selaku mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyampaikan bahwa “hadirnya GMPK pada beberapa kab/kota dan provinsi se Indonesia sebagai salah satu civil society lebih menekankan pada sisi upaya pencegahan (preventif) maupun penangkalan (preemtive) serta mendorong menjadi gerakan moral dan sosial dalam pemberian advokasi terkait pengelolaan dana desa baik dari perencanaan, pelaksanaan maupun bahkan dalam implementasi laporan pertanggungjawaban program/kegiatan”.

Sementara Ketua Dewan Penasehat, H. Ali Mukaddas, SH. menyatakan “apresiasi setinggi-tingginya dan ekspektasi yang sangat besar dengan kehadiran DPD GMPK sampang agar bisa miliki nilai dan makna ke depan agar bisa ambil peran secara aktif dalam upaya mencegah penyalahgunaan kewenangan maupun mencegah unsur kerugian keuangan negara.

Pengurus Harian yang dikukuhkan dibawah komando Husairi dan didampingi sekretaris Idris Amir SH., MH ditandai dengan penanda tanganan pacta integritas kesiapan untuk menjadi motor dalam menjalankan roda organisasi dalam masa bakti 5 (lima) tahun ke depan.

Sementara ditemui awak media selesainya agenda Abdul Azis Agus Priyanto, SH selaku Ketua Dewan Pengawas sekaligus ketua panitia penyelenggara menyampaikan sekilas acara uang juga merupakan Seminar Nasional tersebut.

“Sengaja dalam rangka pengukuhan DPD GMPK kabupaten sampang dikemas dengan Seminar Nasional dengan Narasumber Ketua Umum GMPK sekaligus Ketua Nasional Satgas Dana Desa, Irjen Pol (Purn) Dr. Bibit Samat Rianto, MM dan Kepala Kejaksaan Negeri Sampang, Maskur, SH., MH yang diwakili oleh 3 (tiga) kasie tekhnis, kasie pidsus, kasie intel dan kasie datun,” ujarnya pada wartawan.

Ia menyampaikan, pada momentum ini dimanfaatkan oleh 3 (tiga) Kasi pada kejari sampang untuk mensosialisasikan Aplikasi Jaga Desa kepada para kades.

Sekedar diketahui pula Acara seminar nasional dan pengukuhan DPD GMPK kabupaten Sampang dihadiri Kapolres sampang beserta jajaran satreskrim, Dandim, Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) beserta kepala desa dan lurah se kabupaten sampang.