Kisah Warga Bondowoso Diusir Oleh Sekelompok LSM dan Perangkat Desa

oleh -Views : 4.762

BONDOWOSO, Terbitan.com – Pemasangan pagar dirumah keluarga Pak Yo Demu, warga Dusun Sempolan RT21, Desa Tlogosari, Kecamatan Tlogosari, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, sungguh berakhir tragis.

Menurut Drs. Syamsul Hadi, bahwa berawal dari sengketa tanah yaitu keluarga Buk Samit, salah satu kerabat yang bernama Pak Yo Demu dan Buk Is.

Mereka ini yang setiap harinya sebagai pekerja buruh tani. Dan mereka adalah anak dari Buk Jait. Kendatinya, Buk Jait adalah anak dari Buk Tomiya yang masih saudara dari Pak Samit.

“Jadi keluarga Pak Yo Demu sudah lebih 100 tahun menempati rumah bambu (Bedhek) diatas tanah tersebut,” kata Syamsul Hadi, Senin (4/11/2019) kepada media.

Entah apa yang merasukinya, keluarga mereka hari ini diusir. Bahkan, jalan masuk ke rumah mereka juga di tutup pagar bambu oleh keluarga yang merasa keturunannya Pak Samit.

“Pemagaran dan pengusiran ini dikuatkan oleh salah satu LSM yang didampingi dari Perangkat Desa, Kasi Kantib, dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Tlogosari,” jelasnya.

Sejatinya, hal itu sangat disayangkan dan dianggap sebuah tindakan yang anarkis dari sekelompok orang-orang yang tidak memiliki kewenangan.

Ia juga menjelaskan, pemagaran atau eksekusi seharusnya dilakukan oleh Pengadilan Negeri Bondowoso. Bukan oleh LSM atau aparat Desa dan aparat Kecamatan Tlogosari.

“Ini sangat memalukan karena Negara yang menjunjung tinggi Hukum dan Keadilan,masih ada sekelompok kekuatan yang menginjak-injak kehormatan orang tak mampu,” pungkasnya.