Wabup Hadiri Apel Kesiapan dan Pergeseran Pasukan PAM TPS

oleh -Views : 27

MUARA TEWEH, Terbitan.com – Apel Gelar Kesiapan dan Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pilkades Serentak di Wilayah Kabupaten Barito Utara di laksanakan di halaman Polres Barito Utara di Jl. K.P. Tendean, Kelurahan Melayu Muara Teweh,Kamia 07/11/2019.

Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra didampingi Kepala SOPD, dan beberapa pimpinan instansi terkait menghadiri Apel Kesiapan dan Pergeseran Pasukan PAM TPS Wilayah Kabupaten Barito Utara.

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra atas nama pemerintah Kabupaten Barito Utara mengingatkan kepada petugas untuk tetap menjaga stamina dan kebugaran. “Hal ini, mengingat kondisi dan cuaca sering berubah-ubah. Mohon kepada para petugas pengamanan untuk dapat menjaga kesehatan, selain itu juga selalu menjaga komunikasi, kekompakan dan solidaritas dalam bekerja,” kata Sugianto

Wakapolres Barut Kompol Agus Dwi Suryanto, S.I.K., memimpin apel pergeseran pasukan pengamanan PAM TPS Pilkades serentak 2019, di wilayah hukum Polres Barito Utara, Polda Kalimantan Tengah

Pasukan apel pada kegiatan tersebut terdiri dari Ton TNI AD Kodim 1013 Muara Teweh, Ton Pers yang melasanakan Serpas, Ton Gabungan Staf dan Sie Polres Barut, Ton Satlantas Polres Barut, Ton Gabungan Satintel, Reskrim, Narkoba dan Sattahti, Ton Satpol PP Barut.

Dalam arahannya, Kapolres Barito Utara yang di Bacakan Wakapolres Barut Kompol Agus Dwi Suryanto, S.I.K. menyampaikan bahwa kegiatan apel kesiapan dan pergeseran pasukan yang dlaksanakan ini merupakan menagemen rencana pengamanan Pilkades serentak di Kabupaten Barito Utara tahun 2019 yang telah di rencanakan oleh Polres Barut.

“Tujuan pengamanan tidak lain untuk menjamin terselenggaranya kegiatan pilkades dengan tertip dan aman sebagaimana salah satu bentuk Integritas tugas aparat pengamanan dalam memelihara Kamtibmas, Penegakan Hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman serta pelayanan terhadap masyarakay,” ujarnya.

Sementara lanjut Kompol Agus Dwi Suryanto mengutarakan, Barito Utara sebentar lagi akan melaksanakan Pilkades serentak yaitu pada tanggal 12 November 2019 di sembilan kecamatan dan 20 desa dengan jumlah 32 TPS yang meliputi, Kecamatan Teweh Tengah 3 Desa 3 TPS dan 12 kandidat Kades, Kecamatan Teweh Selatan terdapat 2 desa 4 TPS dan 9 Kandidat Kades, Kecamatan Teweh Baru 1 Desa 1 TPS, dan 4 Kandidat Kades, Kecamatan Lahei terdapat 4 Desa 8 TPS dan 16 kandidat kades, Kecamatan lahei Barat terdapat 1 Desa 1 TPS dan 5 Kandidat Kades, Kecamatan Montallat terdapat 3 Desa, 6 TPS, dan 9 Kandidat Kades, Kecamatan Gunung Timang terdapat 2 Desa, 5 TPS dan 10 Kandidat Kades, Kecamatan Teweh Timur terdapat 1 Desa, 1 TPS dan 3 Kandidat Kades serta Kecamatan Gunung Purei terdapat 3 Desa, 3 TPS dan 7 Kandidat kades.

“Sesuai tahapan pilkades akan ada tiga hari masa tenang di mulai dari tanggal 9 sampai 11 November 2019, dalam masa tenang ini kita tidak boleh lengah, tidak boleh Under Estimate, kita harus mengantisipasi kemungkinan yang di perkirakan akan timbul yang dapat menganggu tahapan pilkades nantinya,” tegasnya.

Untuk itu lanjut Wakapolres, saya memerintahkan kepada para kapolsek jajaran dan sat Intelkam untuk melakukan deteksi dini, demikian juga dengan Bagops agar mengkoordinir personil yang tidak terlibat dalam PAM TPS untuk melakukan cipta kondisi pada masa tenang nantinya.

“Dalam pengamanan pilkades serentak ini kita menyiapkan personel yang terdiri dari 40 pers PAM TPS, 72 Pesonel stand by di tiap-tiap polsek dan 30 personel cipta kondisi,” tegasnya.

Setelah apel selesai dilanjutkan dengan Giat Pembekalan Personel PAM TPS PILKADES Serentak 2019, dengan pemberi materi Kadis Sosial dan PMD Barut Everdy Noor, S.E., Pemberian Materi terkait Tahapan Pelaksanaan Pilkades dan Kabagops Polres Barito Utara AKP Andreas Alek Danantara, S.I.K. Pemberian Materi terkait pengamanan Pilkades.(Iwan)