BLT Dan Desa di Bondowoso Belum Cair, Sekda Syaifullah Minta Pemdes Percepat Pencairan

Drs. Syaifullah sekretaris daerah kabupaten Bondowoso

BONDOWOSO, Terbitan.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso, Drs. Syaifullah, meminta Pemerintah Desa (Pemdes) mempercepat tahapan proses pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Sejatinya bantuan sosial tersebut sudah tersalurkan sejak bulan April. Namun di Bondowoso sendiri sampai saat belum cair.

Baca Juga :

“Saya minta agar prosesnya dipercepat. Kasihan masyarakat sudah menunggu,” pinta Sekda Syaifullah, Selasa (12/5/2020).

Sementara berdasarkan keterangan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Abdurrahman, BLT-DD diprediksi akan tersalurkan mulai minggu depan, yakni di beberapa Desa dalam lingkup Kecamatan Pujer.

“Paling tidak minggu depan sudah ada yang cair di Kecamatan Pujer. Saya berani ngomong karena saya turun sendiri kemarin,” jelasnya.

Abdurrahman menjelaskan, bagi Desa yang menganggarkan BLT-DD di pencairan DD tahap pertama, kemungkinan besar bisa mulai mencairkan BLT-DD di bulan Mei bahkan sebelum hari raya Idul Fitri.

Namun bagi Desa yang menganggarkan BLT-DD di pencairan DD tahap ke-dua, kata dia, kemungkinan besar tidak bisa menyalurkan BLT-DD dalam waktu dekat.

“Tidak semua Desa menganggarkan BLT-nya di tahap pertama pencairan. Yang saya ingat hanya Kecamatan Pujer,” paparnya.

Saat ini mayoritas Desa masih dalam tahapan Musyawarah Desa Khusus. Abdurrahman mengakui jika penyaluran BLT-DD di Kabupaten Bondowoso lebih lambat dari ketentuan jadwal yakni April, Mei dan Juni.

“Ya bisa jadi penyaluran terakhirnya Juli kalau penyaluran pertamanya Mei,” pungkasnya.

Pos terkait