Bupati Bondowoso Terima Bantuan Robot Disinfektan dari Poltek Negeri Jember

KH Salwa Arifin Bupati Bondowoso saat terima Robot Disinfektan dari Poltek Jember

BONDOWOSO, Terbitan.com – Robot disinfektan yang diberi nama Goodbye Covid Robot (GCR) buatan Politeknik Negeri Jember, diberikan kepada pemerintah Kabupaten Bondowoso. Robot tersebut untuk membantu kerja tenaga medis di rumah sakit.

Politeknik Negeri Jember, menyumbangkan ke RSUD dr Koesnadi Kabupaten Bondowoso. Robot ini diberi nama Goodbye Covid Robot (GCR).

Bacaan Lainnya

GCR ini diserahkan langsung secara simbolis oleh Direktur Poltek Jember, Saiful Anwar kepada Bupati Salwa Arifin, di Pendapa Bupati, Senin (15/6/2020).

Data dihimpun, robot buatan mahasiswa Poltek ini untuk membantu mendisinfeksi ruangan atau tenaga medis. Robot ini menggunakan remot kontrol PlayStation 2. Dengan jarak semprot 1-2 meter.

Robot versi II ini, bisa dikontrol dari jarak 20 meter, sehingga petugas yang melakukan penyemprotan tak harus masuk ruangan. Alat ini berkapasitas 5,5 liter cairan disinfektan.

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin ucapkan terima kasih. Ia mengaku sangat terbantu dengan sumbangsih Poltek Negeri Jember ini. Terutama dalam penanganan Covid-19.

“Sehingga dengan robot ini, tak ada lagi kekhawatiran manusia akan tertular saat menyemprotkan disinfektan,” kata bupati.

Atas nama pemerintah Kabupaten Bondowoso, Bupati Salwa mengucapkan banyak terima kasih, atas bantuan ini.

“Insyaallah kami akan menggunakan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Sementara Direktur Poltek Jember, Saiful Anwar mengatakan, bahwa yang akan dibantu bukan hanya Bondowoso. Tapi kabupaten lain juga diupayakan.

“Kerena kita ketahui sekarang. Pandemi Covid-19 ini, eskalasinya dalam konteks belum mereda secara keseluruhan,” katanya, saat dikonfirmasi.

Menurutnya, perguruan tinggi punya kewajiban membangun inovasi dan menyiapkan produk yang dapat bermanfaat dalam mengatasi pandemi Covid-19. “Salah satunya adalah, robot disinfektan generasi kedua,” imbuhnya.

Pihaknya sudah kita siapkan riset untuk pembuatan robot pengantar obat di rumah sakit. Sehingga tenaga kesehatan tidak harus berinteraksi dengan pasien.

“Sehingga virus Corona yang ada di pasien dan lingkungannya bisa diminimalisir, sehingga tenaga kesehatan tak terkontaminasi,” paparnya.

Pantauan di lokasi, selain robot Goodbye Covid Robot (GCR), Poltek Jember juga memberikan bantuan beras organik, dan sejumlah APD kepada Pemkab Bondowoso.

Hadir dalam acara tersebut KH Salwa Arifin Bupati Bondowoso dan Wabup Irwan Bachtiar Rahmat. Serta Kepala BPBD Bondowoso dan jajaran Poltek Jember

Pos terkait