Gugus Tugas Provinsi Berikan Pelatihan Protokol Pemakaman Kepada Gustu Tikep

TIDORE, Terbitan.com – Gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Provinsi Maluku Utara memberikan pelatihan dan sosialisasi pemakaman jenazah sesuai protokol Covid-19 kepada Gugus Tugas percepatan penanganan covid-19 Kota Tidore Kepulauan bertempat di Aula Kantor Walikota Tikep, Minggu (31/05/20)

Tim Gustu Provinsi yang dipimpim Mayor Arm Susetyo Adiwibowo serta didampingi Kepala KKP Malut dr. Aulianto dan M. Idham Masuku dari Dinas Kesehatan Prov. Malut dab Sahrudin Sillehu Kasi PRL dan KLW KKP Malut serta tim peraga 4 Personel TNI dari tim pemakaman Gustu Provinsi serta diikuti oleh Kalak BPBD Kota Tikep Abdul Rahim, Sekretaris BPBD Tikep, 2 Personel RSUD Tikep, 17 Personel Kodim 1505/Tidore dan 17 Personel Polres Tikep.

Bacaan Lainnya

Kegiatan diawali dengan penyampaian materi dari para Narasumber guna memberikan pengetahuan dasar tentang pola penyebaran Virus Covid-19 dan protokol pengamanan guna menghindari paparan virus tersebut termasuk penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi personel yang akan kontak langsung dengan pasien maupun jenazah yang terpapar virus Covid-19.

Kemudian dilaksanakan juga peragaan dan praktek tata cara pemakaman mulai dari syarat layak lokasi pemakaman, penggunaan APD bagi petugas, cara membawa jenazah dan memasukan ke liang kubur hingga urutan penyemprotan cairan disinfektan mulai dari awal hingga melepas APD. Seluruhnya dicontohkan dan dipraktekan langsung oleh para personel Gustu Tikep.

Dalam keterangannya Mayor Arm Susetyo Adi Wibowo kepada awak media menyampaikan bahwa pelatihan ini atas permintaan Gustu percepatan penanganan Covid-19 Kota Tidore Kepulauan guna menyiapkan tim pemusalaraan dan pemakaman di tingkat Kota Tidore Kepulauan. (RD)

Pos terkait