Pemkab Bondowoso Lombakan Kampung Tangguh Menghadapi New Normal

Rapat persiapan lomba kampung tangguh Covid-19

BONDOWOSO, Terbitan.com – Pemerintah Kabupaten Bondowoso, melombakan Kampung Tangguh Covid-19 yang ada di 23 kecamatan. Hal itu, untuk menumbuhkan lagi semangat warga untuk mencegah Virus Corona, khususnya dalam mengahadapi new normal (kebiasaan hidup baru).

Perlombaan Kampung Tangguh Covid-19 ini, sudah dipersiapkan oleh OPD dan instansi terkait. Mulai penjurian dan sebagainya.

Baca Juga :

Rapat perlombaan tersebut, dibuka langsung Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin, Wabup Irwan Bachtiar Rahmat, Kapolres AKB Erick Frendriz, dan Dandim 0822 Letkol Inf Jadi, di Pendapa Bupati Kamis (18/6/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Salwa menjelaskan, saat ini masih pembentukan tim, yang akan memberikan penilaian kepada setiap kampung tangguh.

Menurutnya, tujuan perlombaan ini, agar masyarakat secara mandiri menjaga dirinya, dalam rangka menghadapi new normal atau tatanan baru.

“Ke depan perlu penilaian yang akurat. Pembentukan tim ini sangat perlu, untuk memberikan penekanan kepada kampung tangguh, agar betul-betul melaksanakan sesuai ketentuan” harapnya.

Setelah dibentuk kata dia, tim penilian harus bekerja sungguh-sungguh, sesuai dengan kriteria. Serta poin-poin apa yang harus dapat perhatian.

“Pertama dengan terbentuknya tim dan kinerja dari tim itu sendiri, sehingga kampung tangguh bisa terasa manfaatnya,” terang Bupati Salwa.

Sementara Ketua Pelaksana BPBD Bondowoso, Kukuh Triyatmoko mengatakan, bahwa ada tujuh kriteria penilaian kampung tangguh. Yakni tangguh psikologis, pangan, Informasi, kesehatan, sumber daya manusia, Kamtibmas dan tangguh budaya.

Adapun penilaian sendiri kata dia, akan dimulai tanggal 22-25 Juni 2020. Sementara untuk pemenang lomba Kampung Tangguh Covid-19 di Bondowoso diumumkan awal Juli mendatang.

“Diambil tiga pemenang, yang nanti akan mendapatkan hadiah tropi, uang pembinaan, dan piagam,” pungkasnya.

Pos terkait