Pemkab Bondowoso : Melalui Jatim Puspa Perekonomian Masyarakat Pedesaan Meningkatkan

  • Bagikan
Pemkab Bondowoso Sosialisasi Jatim Puspa

BONDOWOSO, Terbitan.com – Pemerintah Kabupaten Bondowoso mensosialisasi Program Jatim Puspa (Pemberdayaan Usaha Perempuan) Tahun 2020 di Aula Sabha Bina l, Rabu (7/4/2021).

Bupati Bondowoso melalui Asisten 1, Wawan Setiawan, mengatakan, Jatim Puspa merupakan salah satu ikhtiar Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam penanganan dampak covid-19.

Swlain itu, juga salah satunya upaya pemberdayaan usaha perempuan (Jatim Puspa) yang di fokuskan untuk peningkatan pendapatan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Sasaran Jatim Puspa perempuan yang memiliki usaha dan memiliki tingkat kesejahteraan 8-12 % terendah berdasarkan Data Terpadup Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos,” Katanya.

Lebih lanjut Wawan, bahwa program Jatim Puspa untuk meningkatkan pendapatan masyarakat pedesaan sehingga dapat meningkatkan ketahanan sosial dan ekonominya.

Baca juga:  Bupati Bondowoso Digugat Bawahannya di PTUN Surabaya

“Dengan program ini, pemulihan dan pertumbuhan ekonomi di desa ditengah pandemi covid-19 bisa meningkat,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Haeriyah, mengakatan, program ini untuk mengoptimalkan dan mengefektifkan program penanggulangan kemiskinan perdesaan melalui fasilitasi bantuan dan pendampingan bagi KPM.

Baca juga:  Wabup Irwan Apresiasi Desa Penambangan Menjadi Desa Sadar Statistik

“Selain pendampingan usaha KPM oleh pendamping desa, juga mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas usaha KPM,” ucapnya.

Untuk informasi, pada Tahun 2021 ini terdapat total 295 KPM di sembilan desa yang ada di lima kecamatan se Kabupaten Bondowoso dengan total bantuan keuangan khusus sebesar Rp. 866.875.000.

Adapun sembilan terdiri dari Desa Tanah Wulan Kecamatan Maesan, Desa Pekauman Kecamatan Grujugan, Desa Dawuhan Kecamatan Grujugan, Desa Tegal Mijin Kecamatan Grujugan, Desa Mengen Kecamatan Tamanan, Desa Sumber Anom Kecamatan Tamanan, Desa Sukosari Kidul Kecamatan Sumber Wringin, Desa Rejo Agung Kecamatan Sumber Wringin, dan Desa Sumber Tengah Kecamatan Binakal.

  • Bagikan