Sebanyak 1400 Pesilat Ikuti Festival Kampung Pesilat Indonesia Di Madiun

  • Bagikan

MADIUN, Terbitan.com – Sebanyak 1400 pesilat dari Kabupaten Madiun turut menyemarakan Festival Kampung Pesilat Indonesia yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun di Alun – alun Rekso Gati Caruban pada hari Minggu, 27 Oktober 2019.

Peserta yang hadir dalam Festival tersebut merupakan pesilat dari 14 perguruan yang ada di Kabupaten Madiun.

Festival dibuka dan diberangkatkan langsung oleh Bupati Madiun Ahmad Dawami. Pemberangkatan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Ahmad Dawami bersama Wakil Bupati Hari Wuryanto.

Satu persatu group peserta dari 14 perguruan yang hadir diberangkatkan. Para peserta pun menunjukkan berbagai jurus silatnya masing – masing didepan panggung.

Bupati Madiun Ahmad Dawami mengatakan, Selain daripada memperingati satu tahun berdirinya Kampung Pesilat, festival tersebut juga bertujuan untuk membentuk kesadaran masyarakat dan anggota pesilat supaya tidak ada perselisihan antar perguruan.

“Bahwa perbedaan bendera dan perguruan ini tidak akan jadi alasan untuk kita berselisih dan menyebabkan madiun tidak kondusif, artinya kesadaran dari masyarakat dan anggota persilatan ini yang kita harapkan,” kata Bupati Madiun yang biasa dipanggil Kaji Mbing itu.

Ia menambahkan bahwa nantinya Festival Kampung Pesilat akan dijadikan event wisata tahunan. Namun itu semua ada tahapannya.

“InsyaAllah nanti seperti itu, tapi semua akan melewati berbagai tahapan ,” ujarnya.

Adapun langkah Bupati untuk meningkatkan prestasi didunia pendidikan. Bagi anak yang berprestasi didalam olahraga persilatan, Bupati akan membiayai dan melakukan back up untuk menciptakan bibit atlet dalam Cabor Silat.

“Prestasi sudah kita galakkan dari dunia pendidikan, mereka yang punya potensi akan kita biayai, kita back up semuanya untuk membawa juara ke kampung pesilat,” pungkas Bupati.

Turut hadir pula dalam Festival Kampung Pesilat ini seluruh Forkopimda dan Seluruh Ketua atau Pengurus perguruan Silat yang ada di Madiun.

Penulis : Imam Iswanto
Editor : Adienata

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan