Sekda Syaifullah : Ribuan BPNT Bondowoso Dibagikan Secara Simbolis Oleh Bupati

BONDOWOSO, Terbitan.com – Informasi penerima BPNT atau program sembako dari Kementrian Sosial di Bondowoso pada tahun 2020 mencapai 80.189 yang kartunya telah diterima oleh KPM. Jumlah ini terdiri dari penerima PKH dan BPNT (Sembako).

Sekretaris Daerah (sekda) kabupaten Bondowoso, Syaifullah mengatakan sebanyak 11.477 kartu BPNT yang telah resmi didistribusikan kepada masyarakat.

Baca Juga :

Menurutnya, baik program keluarga harapan (PKH) atau pun
Program bantuan sembako di tiga tempat.

Kendati demikian, kabupaten Bondowoso memperoleh tambahan penerima BPNT mencapai 47.177 pada tahun 2020.

“Acara penyaluran dilakukan di pendapa bupati, Kecamatan Grujugan dan Tapen. Pendistribusian itu kepada Keluarga Penerima Manfaat ( KPM),” katanya, Rabu (22/4/2020).

Sementara Bambang Susilo, Supervisor Pemasaran BNI Kantor Cabang Bondowoso, dalam realisasinya untuk BPNT sembako itu masyarakat menerima sekitar Rp 200 ribu per bulan. Dari nominal tersebut, masyarakat bisa membelanjakan sembako di agen-agen BNI-46 yang tersebar di 23 kecamatan.

Disebutkannya, ada sekitar 150an agen BNI-46 yang melayani belanja sembako KPM.

“Ada 150 agen, tapi nanti ini ada penambahan sekitar lebih kurang 78 sampai 80an. Maka ada sekitar 230an agen. Dipastikan proses pendistribusiannya akan dipantau oleh BNI, pendamping, dan Dinas Sosial,” ungkapnya

Sementara itu, Camat Grujugan, Subhan, menerangkan di wilayahnya terdapat sekitar 11 agen BNI-46 di 11 desa. Walaupun sebenarnya jika melihat kondisi wilayah, layaknya diperlukan 16an agen.

“Karena memang ada wilayah yang luas. Seperti Desa Taman, Grujugan Kidul, dan Wonosari, dengan jumlah KPM lebih banyak, hampir sampai 800 h 1000 KK,”katanya.

Karena itu, kata Subhan, agen-agen di wilayahnya tengah berupaya untuk jemput bola kepada KPM. Untuk mempermudah akses agar penerima tak perlu menumpuk di toko.

“Ada inisiatif dari agen mereka mendatangi titik-titik. Tapi bukan masyarakat yang datang, tapi agen yang datang. Agen keliling istilahnya,”jelasnya.

Adapun terkait pendistribusian kartu BPNT, Sekretaris Daerah Syaifullah, menerangkan, bahwa belasan ribu kartu BPNT akan bisa cepat selesai untuk pendistribusiannya. Karena, d

“Terus ini, ini kan hanya kartu. Jadi mungkin langsubg Kades sudah tinggal panggilin. Mungkin 3-4 hari selesai,”pungkasnya.

Pos terkait