Sekda Syaifullah Sebut HPSN 2020, Kebersihan Adalah Kebutuhan dan Kewajiban

BONDOWOSO, Terbitannews.com – Sebanyak 670 orang dari berbagai komunitas dengan unsur TNI-Polri, dan Pemerintah daerah Bondoeoso gotong royonb membersihkan Taman stadion Magenda Bondowoso, Jum’at (21/2/2020).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020, yang dinisiasi oleh Komunitas Kantong Sarka, bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Bondowoso.

Baca Juga :

Sekretaris Daerah, Syaifullah, yang turut hadir dalam acara itu, mengaku apresisi terhadap gerakan inisiasi yang dilakukan oleh komunitas dan DLHP ini. Terlebih, permasalahan sampah, dinilainya merupakan permasalahan bersama, yang harus menjadi concern bersama pula.

“Ini sebuah gerakan yang bagus, saya coba nanti. Bagaimana ini berkelanjutan, menjadi icon Bondowoso bersih,” terangnya.

Ia melanjutkan, secara terus menerus penting untuk mengubah mindset masyarakat bahwa kebersihan dan hidup sehat adalah kebutuhan dan kewajiban.

Sampah ini kata dia, menjadi masalah besar. Sementara di Bondowoso sendiri ada Bank Sampah yang sudah berjalan, tapi kurang maksimal.

“Kelemahan kita adalah tidak adanya inspirasi dalam diri, butuh pengalaman, perlu belajar ke orang lain. Maka perlu sentuhan semuanya,”jelasnya.

Dijelaskannya juga, bahwa daerah harus punya tempat pembuangan akhir yang memadai. Tapi jangan langsung ditumpuk tapi harus diproses.

“Bisa jadi tas kresek dan lain-lain. Ini yang harus kita bangun,”ujarnya.

Sementara itu, Murti Jasmani, Koordinator Komunitas Kantong Sarka, menjelaskan, Stadion Magenda Bondowoso dipilih sebagai lokasi karena dinilai memprihatinkan. Hal ini menjadi potret sosial dimana keberadaan sarana-prasarana olah raga tidak dimanfaatkan dengan baik.

Melalui kegiatan tersebut, pihaknya ingin merubah mindset bahwa sampah bisa membawa berkah yang murah meriah. Bahkan bisa diolah menjadi pupuk.

“Iya merubah mindset masyarakat,”pungkasnya.

Terbitan Terkait