Reporter : Terbitan Jatim
|
Editor : Admin Terbitan

MADIUN, Terbitan.com – Masuknya musim penghujan berdampak ke sejumlah petani cabai mengalami gagal panen sehingga membuat harga di pasaran kembali merangkak naik.

Salah satu yang terjadi Kenaikan komoditas Cabai ini di Pasar Pagotan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Diketahui saat ini harga cabai rawit berada di kisaran 75 hingga 80 ribu rupiah perkilogram dari sebelumnya di kisaran 45 ribu rupiah Perkilogramnya.

“Kenaikan ini terjadi sudah sejak 2 minggu terakhir bahkan pasokan jenis cabai merah besar saat ini juga mulai menipis, ” Ujar Sunarsih, Pedagang Minggu 18/02/2024).

Bahkan Sunarsih Pun mengungkapkan kenaikan pasca pemilu ini tidak hanya terjadi pada komoditas jenis cabai melainkan komoditas sayur jenis tomat saat ini juga merangkak naik.

“Tidak hanya cabai yang naik pada saat ini namun Tomat pun juga naik yang mana sebelumnya harga tomat kisaran 18 ribu perkilonya sekarang aja naik sampai tembus 20 ribu – 21 ribu perkilogram, ” Ungkap Sunarsih.

Kenaikan komoditas cabai serta tomat yang terjadi saat ini membuat para Komsumen pasar mengurangi jumlah pembeliannya, yang semula membeli satu kilogram saat ini hanya membeli setengahnya.

E-KORAN