Reporter : Mujiarto
|
Editor : Admin Terbitan
|
Publisher : Terbitan Jatim

MADIUN, Terbitan.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 29 Juni mendatang, sejumlah penjual berlomba lomba menawarkan dagangannya kepada para pembeli.  Di Pasar Muneng Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. Rabu (7/6/2023)

Beberapa diantaranya nampak masih tawar menawar harga hewan kurban. Namun ada juga yang sudah berjabat tangan, antara pembeli dengan penjual, sebagai tanda kesepakatan usai melakukan transaksi.

Salah satu penjual kambing Pardi bersyukur, lantaran jumlah permintaan pesanan pada tahun ini mengalami peningkatan hingga 30 persen.

“Tahun lalu tidak sampai segitu. Ini banyak yang memesan. Bahkan ada yang sudah pesan lalu titip ke saya untuk diambil pas Hari Raya Kurban,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, untuk kambing ukuran besar harganya mulai Rp 3,5 juta sampai dengan Rp 3,8 juta. Sedangkan kambing kecil dari Rp 2,5 juta hingga Rp 2,7 juta.

“Laku kadang seekor, 2 ekor, 3 ekor, bisa 5 ekor. Kalau buat jaga kesehatan, saya kasih jamu kunyit, temu ireng, buat nafsu makannya lahap,” tuntasnya.

Sementara salah satu penjual sapi Sukirman menyebut ada kenaikan harga hewan kurban. Pada sapi besar tarif yang dipatok mulai dari Rp 20 juta dan Rp 30 juta.

“Sapi sedang dari Rp 18,5 juta sampai Rp 20 juta keatas. Rata rata umurnya 4 sampai 5 tahun lebih. Alhamdulillah permintaan naik dan banyak yang pesan,” paparnya.

“Saya jaga kesehatan hewan sapi ini dengan memastikan kebersihan kandang, disamping itu juga minum jamu,” tutupnya.

E-KORAN