Reporter : Efita Damayanti

PAMEKASAN, Terbitan.com – Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparakraf), Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa timur, dalam rangka menghadiri Workshop Kata Kreatif yang diikuti pegiat batik Pamekasan. Rabu (25/05/2022)

Kedatangan Sandiaga Uno yang ke dua kalinya tersebut, Sebelumnya Sandi hadir dalam rangka Fashion Show Batik yang di adakan Pemkab Pamekasan beberapa minggu lalu.

Saat tiba di pendopo Kabupaten Pamekasan Selasa sore (24/5/2022), Sandiaga Uno memberikan motivasi kepada penggiat batik dan para peserta wiara usaha baru, untuk mempromosikan produknya melalui online tidak hanya offline, mengikuti jamannya era revulisi industri.

“Saat ini era digital, manfaatkan medsos sebagai media promosi sekreatif mungkin agar pembeli tertarik, dan semua memang membutuhkan kesabaran,” kata Sandiaga Uno, menteri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menurit Sandi, saat ini sudah diketahui bersama pandemi Covid-19 masih belum berakhir, sehingga ekonomi masyarakat masih terpuruk.

“Karena pasca pamdemi yang masih belum berakhir, kami mengajak pimpinan daerah agar ikut berkolaborasi dengan kemenparekraf untuk turut membangkitkan semangat ekonomi masyarakat,” terangnya.

Smentara itu, Bupati Pamekasan, Badrut Tamam menyampaikan, pihaknya telah melakukan upaya menciptakan Program WUB dan mendorong pelaku UMKM untuk memulihkan ekonomi masyarakat serta pemerintah daerah juga memberi pelatihan untuk pegiat usaha kreatif.

“Kami dalam upaya meningkatkan dan memulihkan ekonomi masyarakat, telah berupaya memberikan pinjaman modal dengan nol persen bagi peserta WUB,” ucap Badrut Tamam.

Tidak hanya itu, dukungan terus dilakukan kepada para pegiat batik, pemerintah derah juga ikut mempromosikan produk yang di hasilkan oleh pelaku UMKM dan para WUB.

“Selain kami juga membantu alat, kami juga memprosikannya lewat online. Tidak hanya itu kami juga mengeluarkam surat edaran kepada semua OPD untuk mewajibkan membeli produk UMKM,” pungkasnya.

Dengan cara itu, selain bisa memulihkan ekonomi masyarakat, Pemerintah juga membantu para pelaku UMKM untuk menumbuhkan ekonomi pasca pandemi.*

Reporter : Efita

E-KORAN