Reporter : Efita Damayanti

PAMEKASAN,Terbitan.com – Wakil Bupati Pamekasan Raden Bagus Fattah Jasin menggelar panen dan tebar benih ikan krapu jenis cantang di Desa Lembung Kecamatan Galis, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Selasa (14/6/2022).

Panen ikan krapu jenis cantang dan penebaran bibit yang dilakukan simbolis menggunakan jaring oleh Wakil Bupati Pamekasan tersebut merupakan satu-satunya budidaya di pulau Madura dengan menggunakan media tambak.

Wakil Bupati Fattah Jasin menyampaikan, selain memanen ikan krapu, 5 ribu bibit krapu jenis cantang juga di tebar.

“Tugas kami sebagai penerus dari cita-cita yang ada dalam visi dan misi Bupati disisa periode ini untuk bisa memaksimalkan kampung-kampung kerapu yang memang kampung kerapu itu harus dipercepat dan dimaksimalkan, supaya usahanya berlanjut,” ungkap Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin.

Menurutnya, Desa Lambung tersebut patut dinobatkan sebagai kampung krapu. Karena media tambak yang sudah tersedia untuk budidaya ikan krapu sangat berpotensi besar dalam menyokong meningkatnya perekonomian warga sekitar.

“Intinya nanti, kampung krapu itu harus diikuti oleh masyarakat yang ada di sekitar untuk ikut bersama-sama dan nanti Pak Bambang selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan akan memfasilitasi untuk memberikan penyuluhan dan sosialisasi,” pungkasnya.

Sementara itu, pengelola budidaya ikan krapu Fathor Rohim menyampaikan, masa panen ikan krapu jenis cantang tersebut bisa sekitar 3 sampai 6 bulan. Sementara untuk ikan krapu lainnya lebih dari tiga bulan sehingga perputaran ekonominya tidak cepat.

“Tergantung kemauan daripada pembudidaya. 3 bulan pun itu sudah laku banyak dan diminati oleh para pengepul, sehingga siklus perputarannya lebih cepat. Memang, kerapu itu perlu perawatan yang lebih, baik dari sisi pengaturan air insyaallah semuanya akan berhasil,” ucap Fathor Rohim.

Menurutnya, ternak ikan krapu tersebut sangat menggiurkan ketimbang garam. Karena pada panen pertama mencapai 1 ton lebih dengan harga 95 ribu perkilo gramnya, bahkan bisa mencapai 200 ribu perkilo gram.

“Saya berharap pemerintah daerah bisa mensuport sarana dan fasilitas untuk memperluas budi daya ikan krapu cantang agar lebih baik lagi, sehingga panennya lebih melimpah,” tandasnya.

Budidaya krapu jenis cantang tersebut sangat mebantu mengangkap dan memulihkan perekonomian masyarakat Pamekasan, khsusunya warga Desa Lembung.*

Reporter : Efita
:

E-KORAN