Antisipasi Virus Covid-19, Pukesmas Teweh Timur Sebagai Koordinator Membentuk Tim Tanggap Darurat Siaga

MUARA TEWEH, terbitan.com – Wabah virus Corona (COVID-19) semakin meluas. Total terkonfirmasi positif COVID-19 sudah menembus angka 1.500. Di Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalteng, kesiagaan Tim Tanggap Darurat, di intruksikan hingga pelosok desa.

Di antaranya Tim Tanggap Darurat Kecamatan Teweh Timur. Sebelumnya Tim Tanggap Darurat Kecamatan Gunung Timang, melakukan pemeriksaan ketat di posko perbatasan Barut-Barsel di Jalan Negara Arah Kalimantan Selatan.

Bacaan Lainnya

“Hasil Rapat Koordinasi Tim Tanggap Darurat, Membentuk Tim Siaga Upaya Pencegahan dan Penyebaran Covid 19 yang terdiri dari, Tim Puskesma,kecamatan,Kapolsek,Koramil,Desa, PNPB, dan MPA,” kata Kepala Puskesmas Benangin, sekaligus Koordinator Pelaksana Tugas tim siaga C-19, Patur Rahman, SKm.

Kegiatan tim sendiri meliputi, Promosi Keliling, Memasang spanduk, poster , leaflet di semua desa upaya Penceghan Covid 19. Melakukan Desinfektanisasi 3 hari berturut turut mulai tgl 25,26 dan 27 di TTU dan Rumah Warga.

Membuat Pos Pemantauan pada Pintu Masuk wil Kecamatan dan desa. Melakukan penyemprotan kepada pengguna Jalan dan alat transport yang melinatsi Posko Penjagaan. Pengecekan suhu tubuh pada Posko.

Melakukan pemantauan dan edukasi pada warga yang baru tiba berpergian dan warga pengunjung untuk melaporkan kesehatan dan mengisi formulir kunjuangan.

“Masyarakat sangat berterima kasih dengan adanya Posko Tanggap Darurat covid-19. Dalam hal Screning, edukasi dan pemeriksaan dalam upaya pencehan penyebaran covid-19,” ucap Patur.

Tim Puskesmas bersama Pemerintahan Kecamatan, Pemerintah Desa Menyampaikan informasi kepada masyarakat berupa informasi, edukasi keliling, pemasangan spanduk dan leaflet di TTU.

Melakukan Desinfektanisasi di TTU rumah warga selama 3 hari berturut turut sampai seluruh desa di wilayah Kecamatan Teweh Timur. (Iwan)

Pos terkait