Dampak Covid-19 : Warga Bondowoso Segera Terima BLT, Bila Desa Selesai Pendataan

Drs. Abdurahman, Kepala DPMD Kabupaten Bondowoso

BONDOWOSO, Terbitan.com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) dari pusat diakui sudah cair. Di mana, keluarga miskin di desa akan menerima penyaluran sebesar Rp600 ribu per bulan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Drs. Abdurahman, menjelaskan bahwa pencairan BLT yang bersumber dari DD masih butuh proses dan pendataan keluarga penerima manfaat (KPM) yang akurat dari desa

Baca Juga :

“Sekarang teman-teman yang di desa masih proses pendataan semua. Membantu warga dan mengantisipasi dampak virus Corona atau Covid-19,” katanya, Selasa (28/4/2020)

Pendataan itu sambung Abdurahman, untuk memilah dan memilih. Karena masyarakat yang mendapat bantuan PKH dan BPNT tidak boleh mendapatkan bantuan BLT

“Jadi desa itu harus selektif betul dan harus hati-hati terkait pendataan penerima BLT ini,” terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa jumlah BLT yang akan diterima warga itu sebesar Rp 600 ribu per KPM selama 3 bulan.

“Semua akan sama Rp 600 ribuan. Karena ini sudah aturan dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Perihal pencairan BLT kata Abdurahman, nanti tidak sama. Tergantung kesiapan data dari desa setelah diajukan ke DPMD.

“Proses pendataan tidak semudah yang kita bayangkan. Semua diawali dengan pendataan, setelah itu ada musyawarah khusus, terkait dengan validasi verifikasi datanya,” pungkasnya.

Pantauan dilapangan, wilayah Kabupaten Bondowoso selama ini memang belum ada yang menerima BLT. Sehingga masyarakat sangat berharap bantuan ini segera cait untuk meringankan beban danpak Covid-19.

Pos terkait