Empat Keluarga di Wonosobo Kembalikan Bantuan BLT DD

WONOSOBO, Terbitan.com – Empat keluarga sasaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Desa Damarkasiyan, Kecamatan Kertek, mengembalikan bantuan yang mereka terima. Pengembalian dana bantuan dilakukan berbarengan dengan penyerahan BLT DD di balai desa setempat, Kamis (28/5/2020).

Kepala Desa Damarkasiyan, Rachmat, menyebut keempat keluarga tersebut sebenarnya juga bukanlah kategori mampu. Namun, mereka memutuskan untuk menyerahkan kembali dana bantuan sebesar Rp600 ribu dengan pertimbangan kemanusiaan, dan meminta agar bantuan tersebut disalurkan kepada warga lain yang lebih membutuhkan.

Baca Juga :

“Karena kesadaran bahwa mereka masih dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari dari hasil panen di ladangnya, sehingga merasa belum memerlukan bantuan dari pemerintah,” tutur Rachmat.

Ditambahkan, untuk alokasi BLT DD di Damarkasiyan, pihaknya telah melakukan pendataan secara berjenjang. Setiap penerima telah melalui seleksi sangat ketat, mulai dari tingkat RT, RW hingga ke tingkat Pemdes. Sebanyak 162 keluarga yang terdata sebagai penerima BLT DD, disebut Rachmat juga tidak menerima jenis bantuan lain seperti Bansos Tunai Kementerian Sosial, Program Keluarga Harapan, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), sampai BPNT Perluasan.

Menurut Rachmat, pemerintah desa sangat berhati-hati dalam penyaluran BLT DD demi menghindari adanya maladministratif, yang bisa berujung pada konsekuensi hukum. Di wilayahnya, BLT DD disalurkan secara bertahap selama tiga bulan ke depan. Ia juga bersyukur karena proses penyaluran BLT DD berlangsung lancar. Ke depan, Rachmat berharap pendataan warga penerima manfaat bansos dapat dilakukan dengan lebih akurat.

Adanya kesadaran dari warga di Desa Damarkasiyan untuk mengembalikan BLT DD, juga mendapat apresiasi positif dari Camat Kertek, Muhamad Said. Menurutnya, hal tersebut bisa menjadi contoh bagi warga lainnya.

“Yang saya pahami, mereka yang mengembalikan ini juga bukan dari golongan kaya, atau karena salah sasaran. Namun benar-benar tulus karena menilai masih ada warga lain yang membutuhkan,” tutur Said.

Di Kecamatan Kertek, Said menyebut, pada hari yang sama terdapat tujuh desa lain yang menyalurkan BLT DD, yakni Desa Purbosono, Kapencar, Sudungdewo, Karangluhur, Tlogodalem, Suren Gede, Bejiarum dan Sumber Dalem.

Pos terkait