Jaga Kebersihan Desanya Dan Kesehatan Warganya, Pemdes Bintang Ninggi II Kelola Sampah

 

MUARA TEWEH, terbitan.com – Sampah sudah menjadi salah satu masalah yang kerap kali dihadapi oleh masyarakat baik perkotaan hingga pedesaan. Sampah bukan hanya mengotori pemandangan serta lingkungan namun juga berdampak pada kesehatan masyarakat sekitar.

Bacaan Lainnya

Berbagai cara dilakukan oleh berbagai pihak untuk mengatasi permasalahan sampah yang ada di daerahnya, salah satunya seperti yang dilakukan pemerintah desa Bintang Ninggi II, Kecamatan Teweh Selatan,Kabupaten Barito Utara,Kalimantan Tengah.

Pemdes Bintang Ninggi II sejak beberapa tahun lalu sudah intenst untuk mengatasi permasalahan sampah yang ada di daerahnya agar terlihat bersih dan asri yang mencerminkan masyarakatnya sehat dan cinta kebersihan.

” Upaya yang dilakukan Pemdes Bintang Ninggi II yakni dengan mengumpulkan sampah-sampah warga yang biasa dilakukan 2 kali dalam seminggu yang disampaikan melalui selebaran-selebaran yang dibagikan ke rumah-rumah atau sosisalisasi langsung.

Ardianto Kepala Desa Bintang Ninggi II Mengatakan,” Kami dari pihak pemerintah Desa Bintang Ninggi II melalui orang-orang yang diberi tugas untuk mengambil sampah dari halaman depan warga. Mereka (warga,red) yang dengan kesadaran masyarakat mereka memisah sampah organik dan an-organik ” ujar Ardianto Jumat 29/05/2020

Dia menambahkan ” pihak-pihak perusahaan yang ada di sekitaran desa juga ikut andil dalam pengelolaan sampah yang ada didesa dengan memberikan bantuan alat berat untuk membangun TPA dan memberikan kendaraan roda 3 untuk mengangkut sampah,” tambahnya

” Saya berharap apa yang telah kami lakukan ini bisa menjadi contoh yang baik bagi desa-desa lain ” pungkasnya (Iwan)

Source:

Pos terkait