Jalan Rusak Antara Desa Dan Kecamatan, Warga Nihan Hilir Merasa di Anak Tirikan

 

MUARA TEWEH, terbitan.com – Makin memprihatinkan beberapa titik ruas jalan lintas antar Desa dan Kecamatan yang berada di Desa Nihan Hilir, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, tidak tersentuh perawatan. Akibatnya, jalan tersebut saat ini kondisinya sudah rusak parah.

Bacaan Lainnya

Ironisnya, sudah berkali kali Pemerintah Desa dan Kecamatan mengusulkan perbaikan jalan tersebut kepada Pemerintah Daerah namun tidak pernah digubris. Akibatnya warga merasa di anak-tirikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara.

Ibram, salah seorang warga setempat mengatakan jika warga sangat berharap sekali agar jalan tersebut segera diperbaiki.

“ Kami merasa seperti dianak-tirikan saja, Katanya ada pemerataan pembangunan, tapi tidak dirasakan masyarakat Nihan Hilir, Buktinya jalan anatar Desa dan Kecamatan Lahei Barat ini tidak diperbaiki,” ujar Bram sapaan akrabnya, Sabtu 29/05/2020

Menurutnya, kerusakan jalan tersebut sudah sangat dikeluhkan warga. Dirinya juga pernah mengusulkan ke Desa maupun Kecamatan agar jalan lintas di Desa Nihan Hilir tersebut segera diperbaiki.

” Ada beberapa ruas titik jalan yang rusak parah diwilayah RT.06, kondisi jalannya sudah seperti kubangan kerbau saja. Dan ini sudah sangat menganggu,” katanya dengan nada kesal kepada wartawan media online terbitan.com.

Hal senada disampaikan Heri, salah seorang warga yang melintas mengaku sangat terganggu dengan kondisi jalan rusak seperti itu.

” Beberapa waktu tahun lalu memang ada perbaikan jalan lintas di Desa Nihan Hilir, namun hanya diokes lewat saja, dan tidak ada dibuat saluran pembuangan air dikiri kanan jalan”, ujarnya.

Lanjutnya, liat aja jalan yang ditimbun dengan pasir dan batu (sirtu) sekarang sudah timbul tanahnya yang membahayakan pengendara bila musim hujan karena jalannya licin.

Kami menilai pekerjaan ini asal-asalan yang dikerjakan oleh pemborong, mestinya Pemerintah mengawasi benar-benar proyek yang dikerjakan sesuai tidak dengan kwalitasnya”, tancap Heri.

“Apalagi jalan Desa ini salah satu akses menuju ibukota Kecamatan Lahei Barat yaitu Benao, dan jalan ini dilintasi oleh warga dari warga Desa Luwe, Jangkang Baru, Jangkang Lama, Papar Pujung, Teluk Malewai, dan Benao bila mau ke Muara Teweh Ibukota Kabupaten Barut yang berjarak lebih kurang 30 km dari Nihan Hilir,” pungkasnya (Iwan)

Source:

Pos terkait