Saatnya Kecamatan Lahei Memilih Damang Kepala Adat periode 2020-2026

MUARA TEWEH, terbitan.com – Pemerintah Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menggelar pemilihan Damang Kepala Adat Dayak Kecamatan periode 2020- 2026.

Pada pemilihan kali ini ada Lima calon, diantaranya, Juari, Herly S.Penyang, Ali Suparjan, Jhon Kenedy dan Arpiansyah.

Baca Juga :

Hadir pada kegiatan tersebut, DAD Barito Utara, Kapolsek Lahei, Koramil Lahei, seluruh Kades dan para mantir adat se-Kecamatan Lahei serta para undangan lainnya.

Camat Lahei Rusihan usai pemilihan diruang kerjanya mengatakan,” bahwa Damang merupakan mitra Camat dan mitra Dewan Adat Dayak (DAD) yang bertugas dalam melestarikan adat dan penegak hukum adat Dayak yang memiliki masa jabatan enam tahun.

“Dalam pemilihan ini, para calon Damang telah melewati berbagai tahapan yang telah ditentukan. Mulai dari pendaftaran hingga berbagai tes yang diselenggarakan,” ucapnya Rabu 17/06/2020.

Dilanjutkan, Kecamatan Lahei ingin memilih Damang yang cerdas untuk membina dan memimpin masyarakat adat yang saat ini kuat dalam menghargai adat Dayak.

“Semua calon baik dan menguasai hukum adat, tapi kita akan memilih satu diantaranya,” imbuhnya.

” Dalam pemilihan damang kali ini sebagai pemilih dua Kelurahan, Sebelas Desa terdiri lurah dan mantir Kepala Desa(Kades) beserta ketua Adat sebanyak 25 suara.

Setelah penghitunagan suara Juarin mendapat 4 suara, Herly S.Penyang 2 suara, Ali Suparjan 13 suara, Jhon Kenedy 5 suara dan Arpiansyah 0 dari 25 suara 1 suara yang rusak jadi yang sah 24 suara.

Pada pemilihan kali ini yang terpilih yaitu Bapak Ali Suparjan, dengan meraih sebanyak 13 suara, Semoga beliau amanah dan menjalankan jabatannya dengan bersungguh-sungguh,”Pungkas camat.(Iwan)

Pos terkait