Syaichona Cholil Bangkalan Masuk Objek Penelitian Balitbangda

BANGKALAN, terbitan.com – BADAN Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Bangkalan memiliki empat objek Penelitian di tahun 2020 ini. Empat objek penelitian tersebut mulai dari mengkaji gelar kepahlawanan Syaichona Moh Cholil sebagai Pahlawan Nasional hingga budidaya Itik asal Desa Dabung, Kecamatan Geger.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balitbangda Bangkalan Mahfud mengatakan selain dua objek penelitian diatas ada dua lagi objek yaitu tentang kawasan ekonomi produktif berbasis potensi lokal di 3 Desa di Kecamatan Tanjung Bumi serta kajian Desa Wisata berbasis pemberdayaan masyarakat lokal di Kelurahan Bancaran.

Baca Juga :

“Untuk penelitian Kepahlawanan Syaichona Moh Cholil, kita sedang menggali data dan wawancara pada sejumlah tokoh dan keturunan nya,” ujar Mantan Camat Labang itu, Senin (3/2/2020).

Sementara untuk budidaya Itik asal Desa Dabung, Kecamatan Geger kata dia perlu adanya pelestarian genetik Itik asal Kabupaten Bangkalan.

“Ini perlu karena beberapa tahun belakangan tren kuliner Itik atau bebek sedang digandrungi oleh masyarakat,” terangnya.

Sedangkan lanjutnya, dua penelitian lainnya yaitu tentang kawasan ekonomi produktif berbasis potensi lokal di 3 Desa di Kecamatan Tanjung Bumi dan kajian Desa Wisata berbasis pemberdayaan masyarakat lokal di Kelurahan Bancaran adalah usulan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Selain itu juga merupakan usulan Ibu Bupati untuk diteliti dan dikembangkan,” tuturnya.

Mahfud menjelaskan meski kondisi anggaran terbatas, pihaknya tetap mengupayakan penelitian tersebut dapat disusun secara maksimal sehingga dapat bermanfaat untuk pengembangan potensi yang ada di Bangkalan.

“Anggaran kita memang masih minim, tapi kita usahakan hasil penelitiannya tetap kita susun ke dalam laporan buletin maupun jurnal,” pungkasnya. (Eko)

Terbitan Terkait