Wartawan Sudah Menyampaikan, Pejabatnya Berkilah Lempar Tanggung Jawab

LABUHANBATU, terbitan.com  – Seorang laki – laki yang tidak memiliki indentitas mengalami luka parah di bagian kaki sehingga tidak dapat berjalan dan tertidur dibawah pohon kayu di Jalan H.Adam Malik Depan SPBU Lobusona Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara, Jumat (24/4/2020).

Saat ditanyai sepertinya laki – laki ini kurang nyambung dan diduga mengalami gangguan jiwa, tetapi laki – laki yang tidak diketahui identitasnya ini menyampaikan kepada wartawan lapar, lapar, sehingga wartawan pun membelikan sebungkus nasi beserta rokok dan memberikannya kepada laki – laki tersebut.

Baca Juga :

Setelah selesai makan, awak media ini mencoba kembali berkomunikasi dengan orang tanpa identitas tersebut dan menyampaikan bahwa dia mengalami kecelakaan.

Masyarakat disekitar lokasi saat ditemui wartawan Tobing (60) menyampaikan kepada wartawan kalau laki – laki tersebut mengalami gangguan jiwa dan sudah tiga hari tertidur dibawah pohon tersebut karena tidak dapat berjalan, “sepertinya kakinya mengalami luka dan patah tulang” jelas Tobing.

Tobing berharap agar wartawan dapat menghubungi Dinas Sosial agar segera membawanya kerumah sakit untuk mendapatkan perawatan, jelas Tobing.

Saat awak media ini menghubungi petugas Dinas Sosial Labuhanbatu melalui telepon Seluler Lokot menyebutkan bahwa itu bukan tugas Dinas Sosial, ini tugas Lurah setempat untuk membawa kerumah Sakit Umum dan setelah sampai disana baru tugas kami, jelas  Lokot.

Saat ditemui Lurah Lobusona sekira Pukul 14.15 WIB di Kantornya tidak ada  satu orang pun yang dapat ditemui tetapi kantor dalam posisi terbuka.

Camat Rantau Selatan Azhar saat dihubungi melalui telepon seluler menyampaikan “kalau masalah orang terlantar dipinggir jalan, itu tugas Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Sosial, kenapa pula sama Lurah atau Camat” jelasnya.

Camat Rantau Selatan juga menyampaikan “kalau kalian wartawan udahlah bawa saja kerumah sakit, kalian juga kan bisa” jelasnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Labuhanbatu Yunus, SH saat dihubungi wartawan untuk meminta bantuan mobil patroli satpol PP untuk mengatar laki – laki tersebut ke rumah sakit umum, Kasatpol PP ini menjawab itu tugas Dinas Sosial, Bapak telpon saja Dinas Sosial, jelasnya.

Situasi saat Pandemi Corona ini Rakyat sudah mulai menjerit, tetapi terkadang perlakuan yang diberikan pemerintah jauh dari harapan, kemana lagi rakyat harus mengadu, kalau yang pihak  berwewenang yang memiliki anggaran  pun berkilah dan saling melempar tanggung jawab.

Harapan rakyat hanya kepada Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.MT supaya dapat mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Sosial Labuhanbatu, Kepala Satpol PP Labuhanbatu dan Camat Rantau Selatan yang telah mengabaikan derita rakyat yang membutuhkan uluran tangan dan pertolongan.

Masyarkat berharapa dengan situasi yang dialami saat ini agar pemerintah dapat peka dengan derita rakyat saat ini sehingga tidak ada rakyat yang tidak makan, tidak ada rakyat yang kelaparan dan pemerintah dapat cepat melakukan tindakan apa bila ada rakyat yang membutuhkan bantuan,  karena pemerintahlah yang memiliki anggaran untuk itu.

(VanHoten Sitorus)

Pos terkait