Beredar Video Kepanikan Warga Dimedsos, Diduga dari Pengeboran Panas Bumi di Ijen

BONDOWOSO, Terbitan.com – Sejumlah video beredar di media sosial (medsos) yang nampak kepanikan warga. Mereka berusaha mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman.

Diduga karena terjadi kepulan asap dari titik megaproyek pengeboran panas bumi di Ijen Bondowoso.

Baca Juga :

Proyek tersebut saat berlangsung dikerjakan PT. MEDCO Cahaya Geothermal.

Sejumlah potongan video yang beredar, dari titik kepulan asap dan warga yang keluar dari rumahnya masing-masing.

Sekretaris Kecamatan Sempol, Saudia Yourdan Islami Taufik membenarkan, jika terjadi gemuruh yang diduga dari titik pengeboran panas bumi. Itu terjadi sekitar pukul 09:30, Minggu (26/4/2020).

Tak hanya gemuruh, tapi juga dibarengi asap dan juga bau tak sedap. “Kalau ledakan tidak tahu, hanya gemuruh. Asap masih ada,” katanya, saat dihubungi media

Adapun warga yang sempat panik, adalah warga Dusun Curah Macan Desa Kalianyar. Sebab warga melihat asap yang dibarengi suara gemuruh. Apalagi bercampur bau juga.

“Otomatis mengevakuasi diri ke pos II Kebun Blawan, di Kaliapait ada posko cek point Covid-19,” terangnya.

Setelah itu lanjut dia, baru ada penjelasan dari MEDCO. Kemudian Kades setempat menyampaikan bahwa dipastikan situasi aman.

“MEDCO menyampaikan bahwa asap itu karena disuntik air secara terus-menerus. Kedua, sudah dicek kadar H2S (gas beracun), zero atau nol. Jadinya aman, sudah terurai di udara,” terangnya.

Baru sekitar Pukul 13:15 Muspika dikonfirmasi oleh Pihak MEDCO untuk menyampaikan ke warga. “Dan warga berangsur-angsur kembali ke rumah masing-masing,” imbuhnya.

Sementara Kepala Teknik Panas Bumi PT. MEDCO Cahaya Geothermal, Arief, saat dikonfirmasi belum memberikan keterangan. Dia meminta agar menunggu rilis resmi.

“Sebaiknya tidak share tanpa tahu kebenarannya. Kita tunggu berita resmi saja,” katanya saat dikonfirmasi terkait video yang beredar.

Pos terkait