Eko Saputro : Pelaporan Alun Dipastikan Berkas Kasus Sekda Bondowoso Sudah Lengkap

Eko Saputro SH, Pengacara Bondowoso

BONDOWOSO, Terbitan.com – Berkas perkara dugaan tindak pidana kekerasan yang dilakukan oleh Sekretaris daerah (Sekda) Bondowoso H. Syaifullah diduga telah lengkap.

Kuasa Hukum (Pengacara) Eko Saputro SH, mengatakan perkembangan perkara kasus Sekda Syaifullah (terlapor) yang sudah menjadi tersangka atas dugaan tindak pidana oleh Mapolres Bondowoso.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Sekda disangkakan memakai kekerasan atau ancaman kekerasan sebagaimana dimaksud pasal 45 B UU No. 19/2016 tentang perubahan atas UU No 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 335 KUHP.

“Dia dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan informasi elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti pelapor,” katanya.

Sehingga diduga kuat sudah melawan hukum karena memaksa orang lain supaya melakukan/tidak melakukan atau membiarkan sesuatu.

Sejatinya, dengan memakai kekerasan atau ancaman kekerasan sebagaimana dimaksud pasal 45 B UU No. 19/2016 tentang perubahan atas UU No 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 335 KUHP.

“Informasi yang saya terima bahwa hasil penyidikan dari penyidik sudah dinyatakan lengkap oleh Penuntut Umum,” ungkap Eko Saputro.

Lebih lanjut Eko, bahwa ini artinya penyidik harus segera menyerahkan/melimpahkan tersangka berikut berkas dan barang buktinya kepada penuntut umum.

Kemudian penuntut umum kata dia, membuat surat dakwaan dan melimpahkan ke pengadilan negeri untuk disidangkan menurut ketentuan pasal 139 – 140 KUHAP.

“Selanjutnya, menjadi kewenangan kejaksaan apakah terhadap tersangka akan dilakukan penahanan atau tidak, karena pasal yang disangkakan bisa dilakukan penahanan,” pungkasnya

Sementara Sucipto, Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Bondowoso saat dikonfirmasi melalui pesat Whatsapp mengatakan berkas kasus Sekda Bondowoso masih belum P21.

Pos terkait