Upaya Pencegahan Dini Covid-19, Dinkes Labuhanbatu Lakukan Penyemprotan Disenfektan

LABUHANBATU,  terbitan.com – Dalam Upaya antisipasi dini pencegahan merebaknya virus Covid–19 atau yang dikenal dengan Virus Corono dimana saat ini menjadi trending topik utama di seluruh Indonesia, petugas Puskesmas Kota Kelurahan Sei Berombang bersinergi dengan TNI dan Polri melakukan penyemprotan Disenfektan diseluruh ruangan kantor Polsek Panai Hilir dan Ruangan Kantor Koramil 03/SB, yang di laksanakan pada Senin, (23/03/2020).

Kepala Puskesmas (Kapus) Kota Sei Berombang Afrizal, S.KM menyampaikan
“Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu melalui Puskesmas kota Sei Berombang benar telah melaksankan antisipasi dini merebaknya Virus Covid –19  dengan melakukan penyemprotan Disenfektan diseluruh ruangan areal Kantor Puskesmas, Ruangan Kantor Polsek Panai Hilir serta ruangan Kantor Koramil”.Jelas Afrizal

Baca Juga :

Afrizal juga menerangkan ” Disenfektan adalah suatu bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik atau obat untuk membasmi kuman penyakit yang pada pengertian lain dari disenfektan adalah senyawa kimia yang bersifat toksik dan memiliki kemampuan membunuh mikroorganisme yang terpapar secara langsung oleh disenfektan.

Disenfektan tidak memiliki daya penetrasi sehingga tidak mampu membunuh mikroorganisme yang terdapat di dalam celah atau cemaran mineral dan selain itu disenfektan tidak dapat membunuh spora bakteri sehingga dibutuhkan metode lain seperti sterilisasi dengan autoklaf.

Disinfektan merupakan proses dekonteminasi yang menghilangkan atau membunuh segala hal terkait mikroorganisme (baik virus dan bakteri) pada objek permukaan benda mati. Ini yang membedakan disenfeksi dengan antiseptik. Kalau antiseptik, membunuh atau menghambat mikroorganisme pada jaringan”.Terangnya

Usai melakukan penyemprotan di halaman ruang Puskesmas Kota Sei Berombang, Petugas Puskemas Kota Sei Berombang bersama TNI/POLRI bergegas ke Kantor Koramil 03/SB, selanjutnya menuju ke Kantor Polsek Panai Hilir.

Kapolsek Panai Hilir, AKP Lumumba Siregar S.H, Menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah kabupaten Labuhanbatu.
“Kita apresiasi langkah cepat Pemkab Labuhanbatu, dalam antisipasi mewabahnya Virus Copid–19. Setidaknya ini adalah upaya awal pencegahan dari Virus yang saat ini lagi merebak hampir di seluruh dunia, Ucap Kapolsek.

Kapolsek juga mengatakan “Penyemprotan Disenfektan adalah upaya awal. Dan mari kita berdoa semoga Virus Covid – 19 dapat secepatnya ditemukan obat nya”. Tutup Kapolsek.

Dari pantauan awak media di lapangan. Nampak antusias warga Kelurahan Sei Berombang dan merasa senang serta sangat terbantu atas tanggap cepat  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam upaya deteksi dini pencegahan Virus Copid – 19 atau yang juga dikenal dengan nama Virus Corono.

(VanHoten Sitorus)

Terbitan Terkait