Camat Usulkan Pos Polisi di Mangoli Selatan Kepsul Ditingkatkan Jadi Polsek

Pos Polisi (Pospol) di Desa Buya, Kecamatan Mangoli Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula.

SANANA, Terbitan.com – Pemerintah Kecamatan Mangoli Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula, mengusulkan Pos Polisi (Pospol) di Desa Buya agar ditingkatkan statusnya menjadi Polsek.

Hal itu disampaikan Ajis Umanahu, SE., selaku Camat di Kecamatan Mangoli Selatan melalu Surat Pernyataan Nomor : 400/05/KMS – KS/II/2020 yabg ditujukan terhadap Kapolres Kepulauan Sula.

Bacaan Lainnya

Menurut Ajis dengan sebenarnya pihaknya mewakili seluruh masyarakat di Mangoli Selatan memohon, agar Pospol di Desa Buya ditingkatkan menjadi Polsek.

“Dengan ini saya menyatakan dengan sebenar – benarnya bahwa, Saya selaku kepala wilayah pemerintahan Kecamatan Mangoli Selatan dan seluruh warga masyarakat se – Mangoli Selatan datang ke hadapan Pimpinan Polri, guna memohon Pospol yang berada di Mangoli Selatan, (Desa Buya), di tingkatkan statusnya dari Pospol menjadi Polsek Kecamatan Mangoli Selatan,” ucapnya.

Hal itu menurutnya untuk Penegakan hukum sesuai dengan undang – undang yang berlaku, sedini mungkin dapat dengan segera diatasi di Polsek setempat, tanpa harus dilimpahkan ke Polres Kabupaten Kepulauan Sula di Sanana, karena dilihat dari letak geografisnya yang sangat jauh dari ibukota Kabupaten Kepulauan Sula.

“Jika menjadi Polsek tentu akan bisa mempermudah penegakan hukum di sini, sehingga tak harus ditangani Polres Kepsul, Demikian Surat Pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya,” tambahnya.

Sementara menanggapi hal itu Kapolres Kepulauan Sula, AKBP M. Irvan kepada lewat pesan selulernya menyampaikan bahwa hal itu sudah diusulkan ke Polda, namun menurutnya Polda juga harus mengusulkan ke Mabes Polri.

“Kita sudah usulkan terhadap Polda Maluku Utara, sesuai prosedur Polda Malut juga mengusulkan terhadap Mabes Polri, semoga akan dikabulkan,” tuturnya.

Menurut Kapolres Kepulauan Sula menilai hal itu sangat layak, mengingat jarak Polsek Falabisahaya, dan waitina terlalu jauh. “Memang butuh karena jarak antar Polsek memang jauh, dan itu layak diusulkan,” pungkasnya. (GNS)

Pos terkait