Diduga Tilap Dana Desa, Warga Palang Kantor Desa Ona

SANANA, terbitan.com – Warga Desa Ona, Kecamatan Sulabesi Barat (Sulbar) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) melakukan aksi protes terhadap penjabat desa, lantaran dianggap ada ketidakberesan dalam pengelolaan dana desa. Protes warga ini ditunjukan dengan cara memalang kantor desa.

Aksi protes yang dilakukan puluhan warga Desa Ona memperotes cara pengelolaan dana desa, mereka juga minta Pejabat Kepala Desa Arifin Sangadji dan Bendahara Desa Adibing Fataruba, diduga tilap anggaran ADD/DD 2018 senilai Rp. 247 Juta, ” ungkap Perwakilan Warga, Hasbi Tidore kepada awak media, Rabu (18/12)

Bacaan Lainnya

Hasbi membenarkan bahwa pekan kemarin warga Desa Ona melakukan palang Kantor Desa dan Bangunan Paud dengan tuntutannya, Pejabaf Kepala Desa Ona dan Mantan Kepala Desa serta Bendahara Desa harus transpransi anggaran ADD/DD.

Kedua, Warga meminta Dokument APBdes 2016 – 2019 segera pertanggungjawabkan ADD/DD dari 2016 – 2019, Dan ketiga, Pejabat Kepala Desa segera mengaktifkan Sekretaris Desa Ona dan sejumlah pengurus Desa di tingkat bawah, karena diduga Pejabat Kepala Desa merangkap Jabatan Sekretaris Desa Ona, “ucapnya

Selanjutnya, Hasbi merasa Pj Kades dengan sengaja menonaktifkan jabatan Sekretaris Desa kurang lebih satu tahun, dengan alasan bahwa orang diatas (Pemda) yang atur tanpa menyebutkan siapa orangnya? apakah Bupati Kepulauan Sula atau Kepala BPMD Kepsul, Abdul Fataha yang mengatur struktur pemerintahan Desa Ona”, ucap Hasbi.

Hasbi mengatakan, Pembangunan Paud menghabiskan anggaran sebesar Rp.170 juta dan MCK senelia Rp.77 juta, sehingga jumlahnya sebesar Rp.247Juta, namun pembangunan tersebut masih terbengkalai.

Untuk itu kami meminta kepada aparat penegak hukum agar segera usut tuntas anggaran ADD/DD yang diduga ditilap oleh Pejabat Kepala Desa dan mantan Kepala Desa serta Bendahara, ” Apabila permintaan kami tidak dapat di restui maka Kantor Desa dan Bangunan Paud akan di palang untuk selama-lamanya”, kata Hasbi. {GNS}

Pos terkait